Ingin Pulang Kampung, Ingat Nasehat Bupati – Radar Surabaya

Dikatakannya, saat pertemuan antara warga Bawean di Malaysia dengan bupati, salah satu yang hadir menanyakan persoalan transportasi laut. Dia meminta agar pemerintah memberi solusi jalur transportasi laut terputus akibat gelombang laut tinggi. Ini karena banyak warga yang pulang dari Malaysia dan Singapura tertahan di Gresik. Mereka harus kembali ke negeri jiran lantaran waktu berkunjung sangat terbatas.

Atas pertanyaan ini, Sambari memastikan saat ini moda tranportasi ke Bawean lengkap. Baik laut maupun udara. Hanya saja bila ada cuaca buruk, itu diluar kemampuan pemerintah daerah. Solusinya warganya yang akan pulang ke kampung halamannya untuk melihat atau membaca hasil prakiraan BMKG. “Jika akan pulang seyogyanya melihat hasil prakiraan BMKG terlebih dahulu agar tidak terjebak adanya gelombang laut tinggi yang menyebabkan kapal tidak beroperasi,”katanya.

“Setelah tahu informasi jika akan ada cuaca buruk, tetapi masih saja pulang kampung, berarti dia niatnya jalan-jalan saja seperti ke Tunjungan Plaza dan lainnya,” kata Sambari kala itu.

Seperti cuaca buruk yang terjadi saat ini, BMKG s sudah memberikan warning akan naiknya gelombang laut di perairan laut jawa sampai 4 meter. Terbukti hari selasa (28/11) seluruh transportasi laut rute Bawean – Gresik ditutup sampai kondisi cuaca membaik. (bst/rtn)

(sb/ris/ris/JPR)