Istri Panglima TNI Cari Inspirasi Bangun SMK – Radar Kudus

KUDUS – Istri Panglima TNI Nanny Hadi Tjahjanto berkunjung ke Kudus kemarin (2/7). Tempatnya di SMK Raden Umar Said (RUS). Tidak hanya melihat proses belajar mengajar, dia mencoba nge-DJ. Meski baru kali pertama, dia enjoy memainkan alat tersebut.

Nanny yang mengenakan pakaian batik berwarna cokelat dipadukan dengan celana kain hitam memasuki ruang animasi SMK RUS terlihat bersemangat. Beberapa kali terlihat menggut-manggut melihat film animasi karya siswa. ”Keren sekali ini. Pembelajarannya dilengkapi dengan alat-alat canggih. Anak-anak juga dibimbing oleh guru-guru yang kompeten. Hebat,” kata perempuan yang gaya rambutnya pendek ini.

Tidak hanya melihat proses pembuatan animasi, Nanny juga mencoba memainkan alat DJ. Meski baru kali pertama, dia terlihat menikmati. Bahkan, dia menggunakan tombol speed select button. ”Ini begini mainnya?” tanyanya pada salah satu siswa kelas XI. Dia pun tertawa. ”Sulit juga ternyata,” paparnya.

Nanny nyaris melihat semua ruangan di SMK RUS. Dia juga ber-swafoto dengan siswa di ruang fotografi. ”Ini kayak studio beneran. Bagus. Ayo sini foto bareng,” ajaknya. Murid-murid yang sedari tadi menunggu giliran menyerbu perempuan bernama lengkap Nanik Istumawati ini.

Saat ditanya alasan sowan ke Kudus, dia mengaku studi banding untuk membangun sekolah di Solo. Rencananya akan dibuat sistem seperti SMK. ”Kami akan membangun sekolah Pradita Dirgantara Solo. Kurang lebih sistemnya seperti SMK. Pokoknya anak langsung siap kerja,” jelasnya.

Setelah kunjungan ke RUS, dia dan rombongan ke SMK Wisudha Karya, SMK NU Banat, SMK Assaidiyah 2, dan SMK PGRI 1 Kudus. Tujuannya melihat pendidikan di SMK. ”SMK di Kudus ini bagus-bagus. Bisa menjadi referensi kami membangun sekolah dengan model yang sama,” paparnya. 

 

(ks/mal/ris/aji/JPR)