Ita Masih Berpeluang di Partai Golkar – Radar Kediri

Untuk diketahui, ada enam figur yang mendaftar ke partai beringin. Mereka adalah Ita Triwibawati, Sutrisno, Nyono Djoyo Astro, Pringgo Digdo Jati, Agus Supriyo dan Suryo Alam. Pada 6 Oktober lalu di Gedung Wanita, Partai Golkar sempat mengumumkan nama Ita sebagai bacabup.

Namun kasus operasi tangkap tangan (OTT) yang menjerat Bupati Taufiqurrahman, suami Ita, membuat partai pimpinan Setya Novanto itu melakukan evaluasi.

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Nganjuk Soemitro Samadikoen mengatakan, surat rekomendasi merupakan wewenang dari DPP. Tugas DPD hanya melaporkan perkembangan di daerah. “Kami tidak berhak bicara rekom. Karena wilayahnya DPP,” kata Soemitro.

Menurutnya, surat rekom sebenarnya belum resmi turun dari DPP beberapa waktu lalu. Karena itulah, posisi Ita sendiri tidak sepenuhnya sebagai bacabup Partai Golkar. Namun demikian, DPP berhak melakukan evaluasi terhadap seluruh kandidat.

Dia melanjutkan, peluang semua kandidat yang ikut penjaringan di partainya masih sama. Termsuk Ita Triwibawati. Toh sebenarnya dalam kasus OTT, Ita bukan tersangka. Selain itu, belum ada pernyataan pengunduran diri dari perempuan yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Jombang. “Jadi apa masalahnya. Bu Ita juga punya hak yang sama,” kata pria asal Kecamatan Lengkong ini.

Meski demikian, di luar kandidat yang mengikuti penjaringan, Soemitro mengatakan, figur lain juga berpeluang mendapat rekom. Asalkan dalam survei elektabilitas, tingkat keterpilihannya tinggi. “Kalau elektabilitasnya tinggi, rekom bisa turun ke figur di luar penjaringan partai,” terang pria yang juga Ketua Dewan Pimpinan Nasional Andalan Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ini.

Lalu kapan rekom DPP turun? Mengenai hal itu, Soemitro menyatakan, hanya DPP yang mengetahui. Yang jelas, sebelum akhir tahun, partai sudah punya sikap soal bacabup. “Kami hanya bisa menunggu dari DPP,” ungkap Soemitro.

Untuk menyolidkan internal, Soemitro mengatakan, pihaknya akan menggelar rapat kerja daerah (rakerda). Rencananya, rakerda digelar pada Rabu nanti (22/11). Pembahasannya meliputi persiapan pilbup, pemilihan legislatif (pileg) dan penguatan internal partai.

Karena itulah, kemarin, Soemitro mengumpulkan seluruh pengurus harian partai di Kantor DPD di Jl Diponegoro, Nganjuk.

(rk/baz/die/JPR)

Source link