Jadi Pasangan Tamzil, Hartopo Mundur dari PDIP – Radar Kudus

KUDUS – DPD PDIP Jawa Tengah memerintahkan DPC PDIP Kudus segera memproses pemecatan Hartopo. Anggota Fraksi PDIP DPRD Kudus ini memilih berpasangan dengan M. Tamzil dalam Pilkada Kudus 2018. Bakal pasangan calon ini diusung PKB, PPP, dan Hanura.

 Sekretaris DPD PDIP Jateng Bambang Kusriyono meminta semua kader menjalankan perintah partai. Rekomendasi harus dijalankan. Jangan sampai ada yang melakukan perlawanan.

”Untuk Kudus, karena ada kader yang maju berpasangan dengan lawan, langsung dilakukan proses pemecatan,” katanya saat pemberian rekomendasi di kantor DPD PDIP Jateng beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDIP Kudus Achmad Yusuf Roni mengatakan, dalam rapat DPC telah diputuskan pemecatan terhadap Hartopo. Selain itu, yang bersangkutan sudah mengundurkan diri sebagai anggota partai. ”Artinya tidak diperbolehkan untuk memasang atribut PDIP untuk kepentingan apapun,” jelasnya.

Yang bersangkutan, imbuhnya, sudah menyatakan siap melepas atribut atau gambar baliho, spanduk, dan stiker di sejumlah titik. Semua atribut itu logo PDIP, sehingga harus dicabut.

Sementara itu, Hartopo saat dikonfirmasi mengakui ada surat pemberhentian dari DPC PDIP Kudus. Surat itu ditandatangani Wakil Ketua DPC PDIP Agus Imakuddin dan Sekretaris DPC PDIP Kudus Achmad Yusuf Roni.

Namun, dia menyatakan, surat tersebut tidak sah. Karena yang berhak memberhentikannya adalah dua tingkat di atasnya atau DPP. ”Tapi saya memang sudah mengundurkan diri dari struktural partai,” jelasnya.

Karena melakukan pengunduran diri dari struktural partai, dia masih menjabat sebagai anggota dewan. Ketika nantinya sudah ada penetapan calon, dia mengundurkan diri sesuai aturan yang berlaku.

(ks/lis/ris/aji/JPR)