Jadi Tim Pemenangan KBS-Ace, Giri Prasta Diminta Cuti – Bali Express

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Badung, AA Gede Raka Nakula menyampaikan, hal tersebut telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 dan pada Pasal 63 Peraturan KPU (PKPU) Bab VII tentang Kampanye Pemilihan oleh Pejabat Negara. “Ini sudah diatur dalam undang-undang dan PKPU,” ungkapnya, Rabu kemarin (17/1).

Ditegaskan, saat menjalankan tugas negara, para pejabat daerah harus bersikap netral. “Kalau sebagai tim pemenangan, dia (Bupati, Red) harus cuti saat melakukan kampanye. Cuti diajukan tiga hari sebelum kampanye,” ujarnya.

Sehubungan dengan hal itu, lanjutnya, diperlukan surat cuti yang diajukan tiga hari sebelum kampanye. Surat tersebut diajukan ke Gubernur Bali guna mendapat izin. “Menjalankan tugas pemerintahan dia tetap bisa, tapi kalau sedang tugas kampanye dia harus cuti. Cuti diajukan ke gubernur baru dikeluarkan izin,” tegasnya.

Menurutnya, tugas pemerintahan bisa dilakukan setelah cuti berakhir. Sebab, tidak dipungkiri banyak pejabat negara dan pejabat daerah akan menjadi juru kampanye atau tim pemenangan mengingat kedudukan mereka sebagai petinggi partai. Meski Bupati Giri Prasta mengambil cuti, pemerintahan untuk sementara, bisa dijalankan oleh wakil bupati dan Sekda Badung. 

(bx/adi/yes/JPR)

Source link