Jalan ke Bromo Rusak – Radar Bromo

SUKAPURA – Wisatawan yang hendak ke Bromo via Sukapura, Kabupaten Probolinggo, harus ekstrawaspada. Sebab, kondisi jalan akses wisata itu kini banyak yang rusak.

Banyak lubang yang tersebar di sepanjang jalan dengan medan yang terjal itu. Titik-titik lubang itu tersebar sejak mulai memasuki Desa Wonokerto.

Mulai Desa Wonokerto, lubang jalan itu terdapat berbagai ukuran. “Ranjau” jalan ini juga terasa ketika masuk Desa Ngadisari. Tak hanya di pinggir jalan, tapi juga di tengah, bahkan ada yang hampir memakan separo badan jalan.

Cuwik, 35, warga Desa Ngadisari mengatakan, kondisi jalan rusak itu harus segera diperbaiki. Sebab, dikhawatirkan akan memakan korban.

Apalagi, jalur itu merupakan jalur wisata yang padat akan kendaraan. “Kalau tidak segera diperbaiki, khawatir ada yang terjatuh saat melintas,” ujarnya.

Menurutnya, sebagai tempat wisata internasional, akses ke Bromo juga harus jadi perhatian. “Sebenarnya malu. Kan ini jalur yang dilewati para wisatawan dari berbagai daerah. Tapi, kok jalannya rusak. Nanti pasti jalannya diomongin sama wisatawan yang datang,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Sukapura Yulius Christian mengatakan, pihaknya sudah berkordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Probolinggo terkait kerusakan jalan itu. Ternyata, perbaikan Jalan Sukapura sendiri masuk dalam anggaran 2018.

“Perbaikannya masuk 2018. Tapi, kami meminta kalau ada biaya, semoga bisa diperbaiki untuk yang titik titik parah,” ujarnya.

Menurutnya, sebenarnya untuk jalan di wilayah Sukapura menuju Gunung Bromo memang langganan rusak. Sebab, konstruksi tanah yang tidak mendukung dan kurangnya drainase. Sehingga, ketika hujan air mengalir dan menggerus badan jalan. “Kebanyakan di area curam,” ujarnya.

Source link