Jelang Tahun Baru,  KJB Berbagi Bersama Lansia – Bali Express

Dalam momen tersebut, sejumlah barang kebutuhan pokok dan kebutuhan khusus untuk lansia disumbangkan. Di antaranya berupa  diapers untuk lansia, beras, dan sejumlah peralatan pembersih kamar mandi. Bantuan diserahkan langsung Presiden KJB, I Ketut Wiratmaja dan diterima perwakilan penghuni panti. Disaksikan langsung oleh Koordinator Panti Jara Marapati, Nyoman Wijaksa.

Presiden KJB, Ketut Wiratmaja di sela-sela aksi sosial itu mengatakan, bantuan sosial kepada Panti Wreda Jaramarapati yang dihuni oleh 68 orang lansia ini sebagai bentuk kepedulian dalam memenuhi kebutuhan para lansia. Sebelumnya tim dari KJB melakukan survei kebutuhan yang diperlukan oleh para lansia. “Setelah tahu apa saja kebutuhannya akhirnya panitia membeli kebutuhan sesuai harapan pihak pengelola,”terangnya.

Menurut Ketut Wiratmaja,  dipilihnya moment pergantian tahun melakukan aksi sosial ini karena momentum pergantian tahun ini KJB ingin mengajak para lansia merasakan kegembiraan menyambut tahun baru.

Sementara itu Koordinator Panti Jara Mara Pati Nyoman Wijaksa menjelaskan, total lansia yang dirawat hingga tahun 2017 ini tercatat 68 orang. Dengan rincian sebanyak 18 orang lansia laki-laki, dan 40 orang perempuan. Selama tahun 2017, dirinya mencatat 15 orang lansia yang dirawatnya telah meninggal dunia.

Seluruh lansia tersebut meninggal di dalam panti dan beberapa di antaranya diserahan kepada pihak keluarga dan ada juga yang dikremasi di Singaraja. “Jumlah yang kami rawat fluktuatif. Sesuai kewenangan kami tinggal merawat lansia dengan perlengkapan yang sudah disipakan oleh Pemerintah Provinsi Bali,” katanya.

Wijaksa menambahkan, perlengkapan yang sudah dijatah oleh Pemrov Bali belakangan ini memang masih kurang. Beruntung, kekurangan itu bisa ditutupi dari bantuan dermawan atau relawan yang peduli terhadap para lansia yang dirawatnya.

“Selama ini memang masih kekurangan untuk memenuhi segala kebutuhan bagi lansia.  Beruntung banyak donatur yang membantu memenuhi kebutuhan itu. Termasuk, bantuan yang diserahkan KJB sangat membantu, sehingga kebutuhan puluhan lansia bisa dipenuhi dengan optimal.” terangnya. 

(bx/dik/aim/JPR)

Source link