Jembatan Lama Wonolangan Mulai Dibongkar – Radar Bromo

DRINGU – Jembatan lama Wonolangan yang ada di sebelah Selatan, mulai dibongkar, Minggu (5/11). Pembongkaran dilakukan seiring dengan difungsikannya jembatan baru di sebelah Utara.

Pelaksana proyek telah mendatangkan alat berat ke lokasi untuk membongkar jembatan lama di Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo itu. Pembongkaran jembatan dilakukan dengan mengeruk aspal terlebih dahulu.

Dengan pembongkaran ini, semua kendaraan hanya bisa melintas di jembatan baru. Baik kendaraan dari arah Barat, maupun dari Timur. Sedangkan jembatan lama ditutup total. Di ruas jembatan lama itu, petugas juga memasang beberapa rambu pengalihan arus.

General Super Teknik PT Wasis, Setyadi selaku pelaksana proyek jembatan mengatakan, pembongkaran jembatan lama ditargetkan rampung tiga hari. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemasangan fondasi.

“Rencananya pembongkaran dilakukan tiga hari. Setelah itu, kami akan memasang fondasi jembatan,” terang Setyadi.

Menurutnya, jembatan sebenarnya akan dibongkar sejak sebelum kedatangan Presiden RI Joko Widodo ke Kecamatan Maron. Namun, karena jalan itu digunakan, pembongkaran urung dilakukan.

“Sebenarnya akan dibongkar sejak sebelum presiden datang. Tapi karena ada presiden datang, jadi pembongkaran kami urungkan,” jelasnya.

Pembongkaran lantas direncanakan akan dilakukan Sabtu (4/11). Bahkan, pihaknya sudah menyiapkan alat untuk membongkar jembatan. Namun, lagi-lagi rencana itu urung dilakukan. Sebab, saat itu di Dringu ada kegiatan.

“Sabtu itu malah sudah lengkap alatnya. Tetapi, karena ada acara, diurungkan lagi. Itu alat berat sudah datang sejak hari Sabtu. Akhirnya baru hari ini (Minggu) jembatan dibongkar,” tuturnya.

Sementara itu, penundaan pembongkaran jembatan menurut Setyadi, mengurangi lamanya pengerjaan jembatan. Karena itu, pihaknya akan mempercepat pengerjaan.

Harapannya, tidak sampai melampaui target yang telah ditentukan. Yakni, akhir Desember 2018.

“Dengan adanya penundaan pembongkaran itu, kami akan kebut pengerjaannya. Jadi, selesainya bisa tetap sesuai target,” jelasnya.

Source link