Jembrana Target Pendapatan Parkir Rp 5 Miliar – Bali Express

Tidak tanggung-tanggung, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi parkir ini ditarget naik menjadi Rp 5 miliar atau naik hampir 50 persen dari tahun sebelumnya di angka Rp 3,2 miliar.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan, Kelautan dan Perikanan Pemkab Jembrana, I Made Dwi Maharimbawa,  meningkatnya target parkir untuk tahun 2018 kali ini berdasarkan pertimbangan hasil uji petik dan pemantauan baik dari Dewan. Maupun dari hasil perhitungan dengan sistem upah pungut yang diberlakukan oleh pengelola sebelumnya yakni Perusahaan Daerah (Perusda) Kabupaten Jembrana.  Meskipun meningkat pesat, namun pihaknya optimis target tahun ini akan terealisasi. Hal tersebut diyakininya karena untuk tahun ini kantong-kantong parkir resmi yang ada di Kabupaten Jembrana dipastikan meningkat. Sebelumnya, titik-titik parkir tersebar di 26 lokasi. Namun untuk tahun ini, setelah dilakukan pengecekan ulang ke lapangan jumlah titik parkir yang bisa dimanfaatkan ini menjadi 33 titik atau terdapat 7 titik tambahan. “Tahun ini target parkir memang naik menjadi Rp 5 miliar. Tapi itu hanya parkir yang ada di tepi jalan dan terminal-terminal saja,” ujarnya saat ditemui Kamis (18/1) kemarin.

Untuk mengelola 33 titik parkir ini, kata Maharimbawa, pihaknya telah merekrut juru parkir (jukir) sebanyak 94 orang. Dari 94 orang tersebut, 92 orang diantaranya disebar di 33 titik parkir dan 2 orang sisanya akan ditugaskan sebagai koordinator jukir. Semua jukir yang telah diangkat menjadi tenaga kontrak dengan gajih sebulan mencapai Rp. 1.165.000 ini direkrut dari petugas Perusda yang sebelumnya mengelola parkir ini. “Para jukir ini juga menandatangani fakta integritas, jadi kalau terbukti bersalah, hukumannya langsung pemecatan. Nah sekarang yang harus diatensi adalah adanya penggunaan karcis parkir yang masih memakai karcis dari Perusda, ini yang tidak benar,” tandasnya. 

(bx/tor/yes/JPR)

Source link