Kabur sebelum Sempat Bawa Motor – Radar Jember

Upaya pencurian itu terjadi dalam salah satu rumah warga di Dusun Krajan, Desa/Kecamatan Kencong. Pemilik rumah, Soeparti, baru saja bangun tidur saat maling tengah berupaya membawa motor warna merah milik anaknya. 

Begitu memergoki rumahnya disatroni maling, Soeparti langsung teriak-teriak minta tolong. Sejurus kemudian, maling yang tidak begitu jelas wajahnya itu langsung kabur tanpa sempat membawa lari motor. 

Atas kejadian itu, Bhabinkamtibmas Desa Kencong Brigpol Budi Eko Maskuriawan mengimbau warganya lebih waspada. Upaya pencurian yang terjadi di rumah Soeparti itu, kata dia, cukup menjadi sinyal jika pencuri ada di mana saja. ”Pencuri siap mengintai saat pemilik rumah yang lengah,” ujarnya. 

Langkah-langkah sederhana, seperti tidak teledor dalam menaruh barang-barang berharga cukup menjadi upaya antisipatif untuk mempersempit kesempatan maling. Selain itu, mengunci rapat rumah saat malam hari menjelang istirahat merupakan hal wajib yang mesti dilakukan. 

Untuk itu, lanjutnya, masyarakat mestinya sadar dengan begitu pentingnya giat siskamling. Gerakan siskamling, menurutnya, menjadi upaya keamanan lain yang bisa mempersempit ruang gerak maling. 

(jr/was/aro/das/JPR)

Source link