Kapolda dan Pangdam Bareng Sidak Gereja – Radar Surabaya

Sidak dilakukan sejak pukul 09.00 WIB. Berangkat dari Mapolda Jatim, pertama kali rombongan menuju ke Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria di Jalan Kepanjen.

Kapolda Jatim Irjenpol Machfud Arifin mengatakan, Polda Jatim bersama TNI dan pihak lainnya sudah siap dan berupaya maksimal untuk melakukan pengamanan Hari Raya Natal. 

“Anggota sudah diturunkan di setiap gereja dan tempat-tempat yang digunakan beribadah,” kata Machfud didampingi Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Arif Rahman. 

Machfud mengatakan, sampai saat ini kondisi di Jatim masih aman dan kondusif. Selain itu dikatakan jenderal polisi bintang dua itu bahwa hari ini (24/12) sudah ada pelaksanaan ibadah. 

“Kita akan tingkatkan lagi pengamanan, karena Minggu (24/12) sudah mulai ibadah dan sampai puncaknya nanti,” ungkap mantan Kapolda Kalimantan Selatan itu. 

Tak hanya itu, Machfud juga mengimbau untuk para jettmaah yang akan melakukan ibadah natal ke gereja diharap tidak membawa tas-tas yang besar. Selain itu pihaknya juga mengimbau untuk para jamaah tidak memakai perhiasan yang mencolok.

Sementara itu, Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Arif Rahman mengungkapkan bahwa pasukannya saat ini sudah bergabung dengan pihak kepolisian dan lainnya untuk mengamankan Natal. 

“Sudah kami terjunkan ke lapangan bergabung dengan Polri dan pihak lainnya untuk membantu pengamanan Natal,” ujar Arif. 

Arif menuturkan, pihaknya menurunkan sekitar 5.000 pasukan dari Kodam V Brawijaya untuk melakukan pengamanan Natal dan tahun baru. Selain itu, hingga saat ini menurut pantauan intelejen Jawa Timur masih kondusif. 

Selain melakukan sidak di Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria, Kapolda Jatim bersama Pangdam V dan pejabat utama juga melakukan pengecekan pos pengamanan Nataru yang ada di Jalan Ir Soekarno, Sukolilo, dan Pos Pengamanan Polsek Genteng yang berada di Jalan Pemuda. Kemudian terakhir sidak dilakukan di Gereja Bethany di Jalan Nginden.

Dalam hal ini Kapolda bersama rombongan mengecek setiap sudut gereja dan bercengkrama dengan pihak gereja serta mengecek kesiapan pengamanan dan fasilitas gereja yang akan digunakan pelaksanaan ibadah. (rus/hen)

(sb/rus/jek/JPR)