Kapolres Sidoarjo warning pelaku begal – Radar Surabaya

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji mengatakan, tindakan tegas ini sebagai peringatan bagi pelaku kejahatan di Kabupaten Sidoarjo. Dia mewanti-wanti agar jangan ada yang coba-coba melakukan kejahatan seperti itu. “Ini kami lakukan agar tidak ada lagi tindak kejahatan yang meresahkan masyarakat di Sidoarjo seperti yang dilakukan tersangka Tulam,” katanya kemarin.

Kapolresta menambahkan, pencurian dengan kekerasan yang dilakukan tersangka Tulam sudah direncanakan sebelumnya. Apalagi, tersangka menggunakan senjata tajam jika korban melawan. “Ini didasari pada senjata tajam yang dipersiapkan tersangka sebelum beraksi,” jelasnya.

Seperti diberitakan, Polresta Sidoarjo akhirnya berhasil menangkap salah satu dari dua pelaku begal di Jabon yang menewaskan Didik Murtadho, 51, warga Desa Glagaharum, RT 14 RW 3, Kecamatan Porong. Seperti dugaan awal, begal tersebut adalah orang dekat korban. Tersangka Tulam merupakan penjual buah pepaya di Pasar Porong.  

Tersangka Tulam sudah merencanakan pencurian tersebut tiga hari sebelumnya. Ia mempelajari terlebih dulu gerak-gerik korbannya. Hingga akhirnya dia memastikan korban sering melintas di Jalan Raya Desa Pejarakan, Jabon. Ia bersama AF, karyawannya, menguntit korban dari rumah dan melakukan pembegalan di jalan yang sepi itu. (gun/rek)  

(sb/gun/rek/JPR)