Keberadaan Terminal Perlu Penataan – Radar Surabaya

Selain itu terminal pun menjadi jujukan masyarakat untuk naik kendaraan umum.Ketua Fraksi Demokrat Juanasari mengatakan sekarang ini persaingan alat transportasi semakin ketat. Karenanya terminal harus menjadi fasilitas yang nyaman.

“Hal itu akan berpengaruh terhadap daya tarik masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum,” terangnya. Dia mencontohkan, terminal Larangan. Menurutnya, terminal yang saat ini menjadi kewenangan Dinas Perhubungan Provinsi Jatim itu harus tetap mendapatkan perhatian dari sisi kebersihan dan kenyamanan kendaraan.

Sehingga, terminal yang berada di paling dekat dengan jantung Kota Delta itu bisa menjadi jujukan masyarakat untuk naik kendaraan umum.“Jadi koordinasi antara kabupaten (Sidoarjo) dan provinsi (JAtim) untuk menjaga fasilitas terminal tetap nyaman harus dilakukan,” ujarnya. Seperti diketahui, mulai Januari 2017 terminal Larangan sudah mulai dikelola oleh Dishub Jawa Timur.

Semua pengelolaan mulai dari restribusi hingga pengelolaan kios sudah tidak menjadi tanggung jawab Dishub Sidoarjo.Dia mengungkapkan perlu upaya sinergi antara masing-masing instansi untuk mendukung agar masyarakat menggunakan alat transportasi umum. Selain memperbaiki kendaraan umumnya, kenyamanan terminal harus menjadi salah satu prioritas yang perlu dilakukan.

“Jika masyarakat sudah beralih menggunakan kendaraan umum, tentunya hal itu akan mengurangi kemacetan di jalan,” ucap anggota Komisi C DPRD Sidoarjo ini. (vga/jee)

(sb/vga/rek/JPR)

Source link