SITUBONDO – Keberadaan aplikasi e-Kinerja mendapatkan keluhan dari sejumlah aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Situbondo. Pasalnya, para pegawai itu kesulitan menginput data kinerjanya.

  Salah satu ASN yang tidak mau disebutkan namanya mengaku, servernya sangat lemot. Bahkan, tidak jarang data yang hendak diinput dalam aplikasi kinerja berbasis teknologi itu, tidak bisa masuk ke dalam aplikasi. “Jadi, kita lambat memasukkan kinerja harian kita,” katanya.

  Sumber tersebut berharap, penanggung jawab aplikasi e-Kinerja untuk meningkatkan kapasitas server. Sebab, jika tidak ditingkatkan, maka ASN sendiri yang dirugikan. “Penyebab lemot, servernya yang tidak mampu,” tambahnya.

  Dia mengatakan, jika tidak bisa menginput, poin yang ditargetkan berpotensi tidak bisa tercapai. Imbasnya, tunjangan kinerja ASN dikurangi sesuai poin yang diterima. Baginya, ini sangat tidak fair. “Karena jika dihitung secara manual, seharusnya poin kinerja kami mencapai target,” imbuh ASN tersebut.

  Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Situbondo, Ahmad Yulianto membenarkan kalau kapasitas servernya masih kecil. “Kapasitasnya 15 GB. Tetapi kami sudah mengajukan di perubahan anggaran untuk menaikan kapasitas,” ujarnya.

  Hanya saja, dengan kapasitas tersebut, bukan berarti tidak bisa mengentri data kinerja. Yulianto menerangkan, tetap bisa menginput data, hanya saja tidak terlalu lancar. “Saya sekitar pukul 09.00-10.00 masih bisa, jadi harus sabar. Saya sarankan kepada teman-teman, mengentri di luar jam dinas saja,” imbaunya.

Dia mengatakan, entri data tidak harus dilakukan hari itu langsung. Setiap ASN diberikan tenggat waktu tiga hari. Karena itu, jika pada hari masuk kerja terjadi gangguan atau keterlambatan server, bisa mengentri keesokan harinya. “Ada waktu yang cukup,” imbuh Yulianto. 

Yulianto mejelaskan, dalam aplikasi e-Kinerja, masing-masing ASN memiliki target poin sesuai dengan tingkat jabatannya. Jika pejabat setiingkat kepala dinas, maka harus mengumpulkan poin 3.040 dalam sebulan.

Sedangkan pejabat setingkat sekretaris dinas 2000 poin, kabid 1955 poin, dan kasie harus mengumpukan 1295 poin. Poin terendah adalah 690. Ini untuk staf. “Itu poin kinerja yang ditentukan dari seluruh aktifitas harian selama sebulan. Jika tidak tercapai, tunjangan kinerjanya dikurangi,” pungkas Yulianto. (bib/pri)

(bw/bib/ics/JPR)

Source link