Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Masayarakat Dinilai Wajar – Radar Kudus

Kurang dari sebulan jelang Ramadan, DPRD Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Pemprov Jateng dan Pemkab Rembang memantau harga kepokmas. Pantauan tersebut digelar kemarin pagi di Pasar Rembang.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jateng Yudhi Sancoyo menjelaskan, harga kepokmas jelang Ramadan di Pasar Rembang masih stabil. Meskipun untuk beberapa komoditas harganya mengalami kenaikan.

Kenaikan harga itu lebih dikarenakan momen ruwahan. Sehingga permintaan beberapa komoditas meningkat. Seperti bawang merah yang semula Rp 28 ribu naik menjadi Rp 32 ribu.

Kemudian ayam potong, per kilogram naik menjadi Rp 32 ribu. Ada juga komoditas yang justru mengalami penurunan harga. Seperti bawang putih kating yang semula Rp 40 ribu menjadi Rp 25 ribu.

Yudhi mengapresiasi langkah Pemkab Rembang yang bisa mengendalikan harga kepokmas jelang Ramadan. ”Dari pantauan kami, memang ada kenaikan harga untuk beberapa kebutuhan pokok. Tapi kenaikan itu masih wajar dan tidak meresahkan,” jelasnya.

Hal serupa diungkapkan oleh Suyati, salah satu pedagang di Pasar Rembang. Dia tak menampik kalau harga beberapa komoditas memang mengalami kenaikan. Namun kenaikannya tidak drastis.

”Kita berharapnya tidak ada kenaikan yang tinggi. Sampai sekarang memang ada yang naik. Itupun naiknya sedikit. Telur dan cabai naik Rp 2 ribu. Bawang merah naik, bawang putih malah turun,” katanya.

(ks/ali/lid/top/JPR)