Kodim Gelar Gladi Posko Penanganan Bencana – Radar Kudus

”Kami nilai kordinasi menjadi penting. 90 persen penunjang keberhasilan tugas prajurit dalam setiap tugasnya,” terang Dandim Arief kepada Jawa Pos Radar Kudus. 

Gladi posko penanganan bencana ini adalah pelatihan posko tentang penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Pati. Bukan penanganan lapangan. Hanya penanganan posko saja. Dimana diskenariokan wilayah Gabus dan Juwana sedang terdampak bencana banjir.

Dalam gladi koordinasi itu, Kodim 0718 Pati menggelar tatap muka bersama Forkompimda Kabupaten Pati dalam rangka penanggulangan bencana di tenda darurat. Pasalnya saat penanganan bencana, pihak TNI perlu berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Kami berharap personel memiliki kemahiran semakin baik dalam bidang koordinasi mengenai penanggulangan bencana. Karena posko ini bersifat koordinasi baik antara komandan dengan staf, staf dengan koramil maupun staf dengan unsur terkait. Baik BPBD Pati, SAR maupun OPD lainnya. Intinya kami menenkankan koordinasi,” papar Dandim Arief Darmawan. 

(ks/aua/him/top/JPR)