Kota Kediri Kian Ramah Lingkungan dengan Ruang Terbuka Hijau (4/Habis) – Radar Kediri

Taman yang berada tepat di pinggir Sungai Brantas dan juga di samping Jembatan Brawijaya ini langsung diminati warga. Selain karena pemandangan sungai yang elok, juga berbagai wahana melengkapi taman ini. Tidak jarang kegiatan-kegiatan warga dilakukan di taman ini.  Tak hanya sekadar menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari.

Memang, pemandangan sungai menjadi daya tarik nomor satu taman ini. Sungai Brantas yang menjadi ikon Kota Kediri selalu menjadi keindahan tersendiri bagi warga kota. Angin sepoi-sepoi yang menerpa wajah membuat warga bisa betah di taman tersebut.

“Kita manfaatkan lahan yang tidak terpakai agar lebih bisa bermanfaat bagi warga. Terlebih taman ini adalah tempat yang sesuai untuk menikmati keindahan Sungai Brantas,” ujar Kabag Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri Apip Permana.

Tidak hanya menyuguhkan keindahan Sungai Brantas, berbagai wahana pun menjadi fasilitas unggulan taman ini. Salah satunya adalah lintasan BMX yang kerap dijadikan sarana olahraga para pecinta sepeda. Anak-anak hingga hingga dewasa menikmati lintasan tersebut. Itu yang membuat taman ini tidak pernah sepi. Terutama pada sore maupun malam hari. Setiap hari ada komunitas yang menjajal lintasan tersebut,” terangnya.

Belum lagi berbagai tanaman dan bunga yang melingkari taman ini. Juga menjadi daya tarik tersendiri. Hanya duduk santai di kursi taman yang telah disediakan, mata merekapun dimanjakan oleh keindahan Sungai Brantas. Juga, bisa melihat warna-warni bunga di sekitarnya. “Pemandangan menjadi nomor satu di Taman Brantas ini,” ungkap Apip.

Walaupun sudah terbangun cantik dan megah ini, sebenarnya taman ini baru dikerjakan dalam tahap satu saja. Taman yang kini masih sepanjang 210 meter akan diperpanjang lagi ke arah utara. Target akhirnya  nanti mencapai 900 meter. Yang bisa membuat warga bisa leluasa untuk menikmati Sungai Brantas di taman ini.

“Semakin memanjang ini nanti targetnya. Sehingga pembangunannya memang masih terus berlanjut,” terangnya.

Dengan semakin panjangnya taman ini nantinya pun akan menambah daya tarik. Terlebih dengan panjangnya jogging track membuat warga Kota Kediri dari semua kalangan bisa memanfaatkannya sebagai sarana olah raga.

Apalagi bila nanti Jembatan Brawijaya selesai, maka gabungan taman dan jembatan akan lebih memesona lagi. Taman dan jembatan ini akan semakin elok dengan tambahan hiasan seperti lampu-lampu di Jembatan Brawijaya. “Sehingga selain keindahan sungai yang bisa dinikmati nanti keindahan jembatan juga bisa menambah eksotisnya wilayah itu,” tegas Apip.        

(rk/fiz/die/JPR)

Source link