KPU Karangasem Sempat Bingung Coklit Pengungsi Mandiri – Bali Express

Satu PPDP bisa melakukan coklit terhadap 400 orang. Jika ada satu posko pengungsinya kurang dari 400 bisa digabung dengan posko lain, dengan catatan tempatnya berdekatan. Hal itu disampaikan Komisioner KPU Karangasem, Ngurah Gede Maharjana ditemui di kantornya, Senin (22/1) kemarin.

Bagaimana dengan pengungsi mandiri? Kepada Bali Express (Jawa Pos Group), komisioner Divisi Data dan Perencanaan itu, menegaskan, coklit pengungsi mandiri dilakukan PPDP daerah masing-masing. “Misalnya pengungsi mandiri di Klungkung, pencoklitan dilakukan PPDP  KPU Klungkung. Begitu juga Buleleng, dan daerah lainnya,” terang Ngurah Maharjana.

Dengan adanya SE KPU RI tentang Pencoklitan itu, dipastikan pengungsi Gunung Agung tak kehilangan hak suara pada Pilgub Bali 27 Juni 2018.  Hanya saja, hingga kini, pihaknya belum mengantongi data pengungsi. Baik pengungsi yang berada di posko maupun pengungsi mandiri.

“Kami sudah meminta PPK memetakan pemilih potensial yang ada di pengungsian,” jelasnya. Dengan data itu, coklit bisa lebih mudah. Terutama pengungsi mandiri. “Kalau warga yang ada di posko pengungsian, kami kira tidak ada masalah. Pengungsi mandiri ini yang perlu didata, di mana tinggalnya. Sehingga  bisa membantu PPDP kabupaten lain,” pungkas Ngurah Maharjana.

Ketua KPU Klungkung, I Made Kariada mengakui coklit pengungsi mandiri yang ada di Klungkung menjadi tanggungjawab PPDP di sana. Pihaknya pun akan segera berkoordinasi dengan Pemkab Klungkung terkait jumlah, termasuk alamat pengungsi mandiri. Sehingga memudahkan PPDP menjalankan tugas tambahannya itu.

“Nanti PPDP membawa blanko kosong. Ketemu pengungsi dari Karangasem, dicatat nama dan alamatnya. Kalau tidak ada KTP atau KK tidak masalah, dicatat dulu,” ungkap  Kariada. “Nanti datanya diserahkan ke KPU Karangasem untuk kroscek kembali,” imbuh Kariada. Pihaknya memastikan tak menambah jumlah PPDP hanya karena dibebankan coklit pengungsi mandiri. Untuk pengungsi yang ada di posko pengungian, diakui Kariada tak menjadi persoalan karena tinggal membentuk PPDP dari pengungsi setempat. Informasi yang didapat koran ini, jumlah pengungsi Gunung Agung sekitar 46.423 jiwa. 

(bx/wan/ima/yes/JPR)

Source link