KPU Mulai Hitung DPHP – Radar Jember

Ketua KPU, Hairul Anam mengatakan, pihaknya mengumpulkan operator SiDalih dan Ketua PPK dimaksudkan untuk penyusunan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP). Data ini adalah data pokok yang akan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS). “Sesuai dengan Surat KPU 239 berkaitan dengan penyusunan DPHP dan DPS,” tegasnya.

Dalam forum itu, komisioner KPUD ingin menyamakan persepsi dengan PPK. Pleno rekapitulasi rencananya akan dilaksanakan 6 Maret di tingkat PPS. Sementara, PPK harus mengawal kegiatan tersebut. “Kami menginstruksikan PPK untuk melakukan supervisi dan monitoring pelaksanaannya. Kami serentakkan agar pengawasannya enak dan supervisinya juga enak,” terangnya.

Dijelaskan, dalam setiap rapat pleno di tingkat paling bawah, PPK harus turut mengundang masing-masing tim paslon. Seperti halnya di PPS, undangan ditujukan tim paslon tingkat desa. Begitu juga saat pleno dilakukan PPK, harus mengundang tim paslon di tingkat kecamatan. Sehingga, tidak ada kecurigaan dari masing-masing pasangan calon. 

(jr/hud/das/JPR)

Source link