Kreatif, Berbagai Kelompok Seni Pentas Bersama – Radar Kudus

Pementasan tersebut digelar di komplek Pasar Kerajinan Kalinyamat. Dengan dirangkai dalam kegiatan buka bersama dan santunan anak yatim, pementasan yang unik dan menarik ditampilkan.

Sedikitnya ada lebih dari empat komunitas yang ambil bagian. Mereka menampilkan pementasan yang beragam. Mulai dari teater, pantomim, lawak, pentas musik hingga tari-tarian. Sebagian besar mengangkat tema terkait Ramadan.

Dari Yayasan Lembayung Kalinyamatan misalnya, menampilkan tarian penabur bunga. Ada pula teater bertajuk Jika Hidup Sebuah Pilihan. Teater tersebut menceritakan mengenai seseorang yang berada dipersimpangan dan bingung menentukan arah menuju surga.

Dari penampil lainnya, ada pentas musik dengan menggunakan perpaduan angklung dan akustik. Mereka menyebutnya dengan angklungstik. Kelompok tersebut mengajak penonton untuk berkolaborasi dengan menyanyi bersama.

Yang tak kalah menarik, ada juga penampilan wayang rotan dari Komunitas Pojok Kidul (KPK). Mereka membawakan cerita kondisi di bumi saat Ramadan. Di mana masih ada orang-orang yang tidak melaksanakan kewajiban berpuasa. Penampilan mereka dikemas secara kocak hingga mampu menghibur penonton.

Ada pula pantomim dan dagelan yang keduanya juga mengambil tema Ramadan. Tak sekadar pementasan, usai pentas juga digelar diskusi budaya.

Ketua Yayasan Lembayung Kalinyamatan Winahyu menyatakan, kegiatan tersebut sebenarnya merupakan kegiatan rutin yayasan. Khusus untuk kali ini, mereka berkolaborasi dengan beberapa komunitas di luar Lembayung.

Melalui kolaborasi itu, mereka menyuguhkan hiburan yang menarik bagi masyarakat. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya penonton yang hadir selama pementasan digelar.

Melalui kegiatan itu pula, Winahyu berharap, ke depan generasi muda semakin kreatif dan terus menghadirkan karya. ”Bersama-sama berkarya dan menyuguhkannya pada masyarakat,” imbuhnya.

(ks/emy/zen/top/JPR)