Kuota Pupuk – Radar Bromo

PANDAAN – Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan memastikan, pengajuan pupuk bersubsidi untuk tahun depan, sama dengan tahun ini. Ini mengacu pada rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK) yang ada. Termasuk, luas lahan pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan Ihwan mengatakan, di lapangan yang menjadi acuan yaitu luas lahan tanam untuk padi, kedelai dan jagung. Masing-masing luasnya mencapai 112 ribu hektare untuk padi, 31 ribu hektare untuk kedelai dan 13 ribu hektare untuk jagung.

“Mengacu pada kondisi itu, pengajuan pupuk Urea ke pusat sekitar 47 ribu ton, NPK 12 ribu ton, ZA 9 ribu ton dan SP36 4.600 ton. Sedangkan pupuk organik 8 ribu ton,” terangnya.

Jumlah itu menurut Ihwan, sama dengan pengajuan tahun lalu. Saat ini menurutnya, pihaknya tinggal menunggu keputusan dari pusat. Biasanya, keputusan turun menjelang akhir tahun atau mendekati tahun baru.

“Mudah-mudahan kuota yang kami dapatkan untuk pupuk tahun depan, minimal sama atau tak jauh selisihnya dengan tahun ini. Tentunya ini kewenangan pusat, daerah hanya mengajukan dan menunggu penetapannya saja,” jelasnya.

Source link