Lahan Tergerus Tol – Radar Bromo

BUGULKIDUL – Proyek tol Gempol-Pasuruan (Gempas) juga menggerus sejumlah aset pemerintah daerah. Salah satunya, UPT Pembenihan dan Produksi Tanaman Pangan Hortikultura di Kelurahan Sekargadung, Kecamatan Purworejo.

Nah, sejauh ini rencana relokasi UPT itu masih belum jelas. Kasi Produksi, Dadang mengatakan UPT Pembenihan dan Produksi Tanaman Pangan Hortikultura memiliki luas 7,6 hektare.

Aset itu nantinya akan diganti dengan luasan yang sama oleh Kementerian PUPR. Beberapa waktu lalu, pihaknya sempat menanyakan relokasi aset ini pada Kementerian PUPR.

Saat itu, PUPR menyebut aset pertanian itu akan direlokasi di sebuah lahan pertanian milik warga di sisi timur tidak jauh dari UPT Pembenihan.

“Kami dapat kabar tempat relokasi sudah diputuskan. Rencananya, kami akan mendapat ganti di sebuah lahan pertanian di Kelurahan Sekargadung. Lokasinya di sisi timur UPT,” katanya.

Dadang menerangkan, pemilik lahan sendiri sudah sepakat untuk melepas asetnya itu. Namun, kepastian relokasinya belum dipastikan. Pasalnya, pihaknya masih menunggu hasil verifikasi dari badan pertanahan nasional (BPN) Kota Pasuruan.

“Kalau relokasinya kami belum tahu. Sebab, itu kewenangan dari PUPR dan BPN. Kabarnya, kami masih harus menunggu hasil verifikasinya turun,” ungkap Dadang.

Source link