Larangan Cuti ASN usai Lebaran – Radar Bromo

MAYANGAN – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Probolinggo memastikan Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak boleh mengajukan cuti tambahan setelah libur Lebaran. Itu, dikarenakan masa cuti Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah bagi ASN lebih lama dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Kepala BKPSDM Kota Probolinggo Rachmadeta Antariksa mengatakan, dibandingkan tahun sebelumnya, libur Lebaran tahun ini jauh lebih panjang. Tahun lalu libur Lebaran hanya 7 hari dan tahun ini mencapai 12 hari.

“Tidak boleh ada cuti tambahan untuk libur Lebaran. Termasuk bagi yang harus mudik jauh, harus bisa mempertimbangkan jarak dengan jadwal kerja,” ujarnya.

Dengan panjangnya libur Lebaran ini, ASN Pemkot Probolinggo diminta tetap masuk kerja sesuai waktu yang ditentukan. “Terakhir masuk tanggal 8 Juni dan masuk kembali tanggal 21 Juni,” ujarnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, di hari pertama masuk kerja usai liburan, tim Pemkot akan mengadakan inspeksi mendadak (sidak) ke masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Tujuannya, memastikan tidak ada ASN yang menambah libur di hari pertama masuk kerja.

“Kecuali jika memang sakit dan itu harus dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter,” jelasnya. Menurutnya, bagi ASN yang absen tanpa keterangan jelas saat hari pertama masuk, akan mendapatkan sanksi dari BKPSDM. “Sanksinya mulai dari teguran,” ujar Deta.

Source link