Latih Warga Buat Handicraft – Radar Jember

Pelatihan tersebut diikuti oleh 50 peserta yang merupakan anggota karang taruna, PKK dan guru PAUD di Desa Suco. Mereka tampak begitu semangat dalam membuat kerajinan tersebut. “Ini langkah nyata Desa Suco menuju desa berdaulat,” kata pendamping desa Ali Zammil.

Menurut dia, pelatihan tersebut digelar selama tiga hari, mulai 9 sampai 11 Januari 2018. Di Desa Suco terdapat beberapa kerajinan suvenir yang dikelola oleh warga. Namun, masih perlu dikembangkan agar bisa meningkatkan perekonomian warga. 

Para peserta pelatihan, dilatih dari proses pembuatan awal hingga selesai selama tiga hari. Setelah selesai, mereka diharapkan memiliki keterampilan sehingga bisa membuat kerajinan sebagai tambahan penghasilan.

Desa Suco memiliki kerajinan suvenir yang bisa dijual ke berbagai daerah, seperti bunga yang dihiasi dengan boneka doraemon serta gantungan kunci. “Kerajinan ini masih tahap awal, belum terkelola dengan baik,” tambahnya.

Padahal, bila dikembangkan bisa menjadi kerajinan yang meningkatkan perekonomian warga. Karena suvenir tersebut cocok untuk kado ulang tahun atau wisuda. “Melalui pelatihan ini kami coba meningkatkan keterampilan warga,” tuturnya. 

Kades Suco Ahmad Taufik menambahkan, pelatihan kerajinan tersebut agar kerajinan yang sudah ada bisa terus berkembang. Selama ini, perajinnya masih terbatas dan hanya dari kalangan tertentu. Untuk itulah, pemerintah desa menfasilitasi agar jumlah perajin bertambah dan meningkatkan kedaulatan desa. “Tujuannya memberikan keterampilan pada masyarakat agar bisa membuka lapangan kerja,” pungkasnya. 

(jr/gus/aro/das/JPR)

Source link