Letusan Kecil Jadi Daya Tarik di Pantai Sanur, Eksotis… – Radar Bali

Bahkan, Selasa (3/7) hari ini terjadi tiga kali erupsi. Erupsi gunung yang memiliki ketinggian 3.142 mdpl itu terlihat jelas dari Pantai Sanur, Denpasar Selatan.

Erupsi kecil itu sekaligus menjadi daya tarik tersendiri bagi warga atau wisatawan yang sedang menikmati Pantai Sanur.  Tentu jika cuaaca sedang tidak mendung.

Data yang disusun I Nengah Wardana, petugas PVMBG yang bertugas di Pos Pengamatan Gunungapi Agung, Rendang, Karangasem, menyebutkan dua kali letusan dengan ketinggian 500-700 meter dengan mengeluarkan warna asap putih dan kelabu.

“Visual gunung jelas. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tipis hingga tebal dan tinggi 300-700 meter di atas puncak kawah,” terang Wardana.

Sementara cuaca terlihat cerah dan berawan. Angin bertiup lemah ke arah barat. Suhu udara 25-26 derajat celsius dan kelembaban udara 68-71 persen.

Untuk kegempaan terjadi 2 kali dengan amplitudo 15-24 mm berdurasi 90-131 detik. PVMBG juga mencatat hembusan sebanyak 6 kali dengan amplitudo 6-18 mm, berdurasi 80-214 detik.

Selain itu, masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder

berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak.

Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.

(rb/san/mus/mus/JPR)

Source link