Lima Minimarket Bakal Beroperasi  – Radar Bojonegoro

Saat ini, toko modern yang sudah beroperasi mencapai 89 minimarket. Jika ditambah lima minimarket lagi, maka jumlahnya 94 toko modern. Menurut Zamroni, rekomendasi tersebut sebagai syarat wajib perizinan. Khususnya terkait survei di lapangan tentang jarak toko modern dan pasar tradisional. Sesuai Perda Nomor 6 Tahun 2012, jarak antara minimarket di Lamongan, Babat, dan Paciran sekitar 500 meter (m). Sedangkan, pada 24 kecamatan lainnya jaraknya 1 kilometer (km). ‘’Sekarang kita lebih selektif terkait penegakan perda tersebut,’’ klaim Zamroni. 

Dia menambahkan, survei yang dilakukan disperindag juga terkait izin gangguan ke masyarakat sekitar. Bentuknya, pernyataan kesediaan dari masyarakat sekitar menerima minimarket beroperasi di wilayahnya. ‘’Itu menjadi pertimbangan utama kami dalam mengeluarkan perizinan,’’ tuturnya. 

Seperti diberitakan, terdapat 16 minimarket melanggar Perda Nomor 6 Tahun 2012. Setelah seluruhnya disegel beberapa waktu lalu, beberapa di antaranya bisa beroperasi lagi. Dengan catatan, minimarket tersebut berubah menjadi toko kelontong. ‘’Kita harap dengan mulai awal pengawasan, bisa meminimalisasi terjadinya pelanggaran perda,’’ harapnya. 

Menurut Zamroni, lima minimarket yang bakal beroperasi tersebut satu brand. Wilayah yang disasar di antaranya Desa Kedungwangi, Kecamatan Sambeng; Desa/Kecamatan Sugio; Desa Takerharjo, Solokuro; serta Desa Banjarwati dan Desa Tunggul, Paciran. ‘’Paling banyak memang di kawasan pantura Lamongan,’’ imbuhnya. 

Alasannya, kata dia, wilayah pantura cukup prospektif. Selain memiliki jalan nasional, juga didukung iklim ekonomi yang cukup bagus. Penghasilan masyarakat ditopang dari hasil laut serta industri yang makin menggeliat di Kecamatan Brondong dan Paciran. ‘’Tentu pihak minimarket sebelumnya juga sudah survei, potensi wilayah sebagai tempat usahanya,’’ katanya.

Lokasi Lima Minimarket yang Bakal Beroperasi 

Desa Kecamatan

Banjarwati Paciran

Tunggul Paciran

Takerharjo Solokuro

Kedungwangi Sambeng

Sugio Sugio

(bj/ind/yan/faa/JPR)

Source link