Longsor dan Pohon Tumbang Tutup Jalur Pariwisata di Gianyar – Bali Express

Informasi yang dihimpun kemarin menyebutkan, kejadian berawal ketika hujan lebat disertai angin kencang tengah melanda kawasan tersebut. Tak berapa lama derasnya hujan akhirnya menggerus tebing yang berada di pinggir jalan.

Longsor yang terjadi sekitar jam 00.04 tak hanya membawa luberan material tanah. Namun sebuah pohon jenis pinus yang ada diatas tebing juga ikut tergerus dan tumbang. Bahkan akibat kejadian itu kabel milik PLN yang sebelumnya melintang di pinggir jalan ikut tertarik.

Tak ayal longsoran material tanah dan pohon serta kabel listrik langsung menutup ruas jalan yang menjadi jalur utama pariwisata di kawasan Ubud dan Tampaksiring. Terlebih suasana malam yang masih mengguyur membuat para pengendara memilih berhenti, mengantisipasi terjadinya longsor susulan.

Terkait kejadian itu Kepala BPBD Gianyar AA Oka Digjaya mengungkapkan, kejadian itu memang sempat menutupi badan Jalan Raya Goa Gajah. Kondisi itu berlangsung selama proses pembersihan dilakukan jajarannya setelah terjun ke lokasi beberapa saat kemudian.

“Longsor dan pohon tumbang di lokasi itu memang sempat menutup badan jalan. Tapi saat itu juga proses pembersihan sudah langsung dilakukan, meski kondisi malam kemarin masih hujan lebat,” ucapnya.

“Proses pembersihan malam itu juga sudah langsung diselesaikan sekitar jam 01.32, supaya arus kendaraan bisa melintas. Syukurnya dalam kejadian semalam tidak ada korban jiwa. Karena saat kejadian jalan memang lagi lenggang,” sambungnya.

Sementara informasi yang dihimpun kemarin, hujan lebat yang menerjang Gianyar dalam beberapa hari terakhir juga membuat tembok roboh dan menimpa sebuah bale Bali milik warga dinihari kemarin. Kejadian yang berlangsung di wilayah Bedulu itu membuat bale style Bali itu ikut roboh. Syukurnya dari kejadian itu ada korban jiwa. “Ya informasinya memang ada bangunan roboh di Bedulu. Tapi laporan belum ada saya terima,” ucapnya.

“Intinya dengan cuaca hujan lebat dan angin kencang seperti saat ini, masyarakat harus selalu waspada. Apakah itu pohon tumbang, banjir, longsor atau lainnya,” imbuhnya. 

(bx/wid/ima/yes/JPR)

Source link