Masih Ada Sekolah Kekurangan Siswa di Kota Pasuruan di PPDB – Radar Bromo

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan, Suhariyanto mengatakan, saat ini sedang berlangsung tahap pengembalian formulir pendaftaran. Sebelumnya, calon siswa memang melakukan registrasi dan pengunduhan formulir secara online.

“Sekarang tahapan pengembalian formulir pendaftaran di sekolah pilihan pertama. Sebelum hasil akhir, data penerimaan calon siswa yang ada pada sistem itu sifatnya masih sementara. Karena pengumuman resminya tanggal 11 Juli nanti,” ungkapnya.

Ia juga menyebut, tahapan pengembalian formulir pendaftaran itu akan berlangsung selama empat hari kedepan. Selain menyerahkan formulir pendaftaran, calon siswa juga harus melengkapi persyararan umum lainnya. “Setelah itu, tanggal 10 Juli dilakukan proses seleksi dan pengolahan nilai di 11 SMP Negeri se Kota Pasuruan,” jelasnya.

Menurutnya, masing-masing sekolah yang ada juga memiliki daya tampung atau pagu yang berbeda satu sama lain. Dari hasil pendaftaran sementara, jumlah calon siswa yang mendaftar pun berbeda.

Beberapa sekolah sudah menerima pendaftar lebih dari 50 persen dari daya tampung. Namun ada pula yang masih jauh dari daya tampung sekolah. Di SMPN 3 misalnya yang memiliki pagu sebanyak 160 siswa, saat ini sudah terdapat 115 calon siswa yang mendaftar. Sedangkan di SMPN 11, ada 71 calon siswa yang mendaftar dari 256 daya tampung yang ada.

Dengan diterapkannya sistem zonasi, calon siswa yang berada dalam zona terdekat memang memiliki prioritas. Suhariyanto juga menyebut, nilai hasil seleksi pendaftar pendaftar dari sekolah luar kota tidak boleh lebih rendah dari pendaftar dari sekolah dalam Kota Pasuruan.

(br/fun/tom/fun/JPR)

Source link