Melihat Simulasi dan Sosialisasi Pilkades E-Voting di Sidoarjo – Radar Surabaya

Wartawan Radar Sidoarjo

SIMULASI dan sosialisasi tersebut dilaksanakan di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Keluarga Berencana (DPM P3A KB), Rabu (24/1). Dalam simulasi dan sosialisasi ini diikuti sekitar 120 orang.

Mereka terdiri dari panitia pilkades sebanyak 5 orang dari masing-masing desa, 18 pranata komputer, 15 kasi pemerintahan, 10 orang tim kabupaten, 3 orang dari biro pemerintahan Pemprov Jatim, dan 4 orang Komisi A DPRD Sidoarjo.

Kepala Seksi Bina Pemerintahan DPM P3A, KB M Makhmudi mengatakan, simulasi masih berkutat tentang cara memilih kepala desa menggunakan sistem e-voting. Ada 11 unit yang disiapkan untuk simulasi masing-masing peserta. “Semuanya harus mencoba memilih sambil kami lihat ada kendala apa,” ujarnya.

Menurut Makhmud, dalam simulasi kemarin tidak ada kendala berarti. Namun karena e-voting merupakan sistem baru di Sidoarjo, para peserta masih belajar. Sehingga cara memilihnya harus diulang beberapa kali agar lebih lancar. Untuk semakin memperlancarnya, bulan depan pun akan diadakan simulasi lagi.

Makhmudi menyebutkan nantinya harus ada simulasi di tingkat desa. Saat ini semua peralatan e-voting sudah dikirim ke 14 desa pelaksana, terdiri dari monitor, komputer, generator, hingga printer. “Semua sudah disiapkan dan diinstal, pihak desa tinggal menggunakan saja,” imbuhnya. 

Makhmudi berharap dengan adanya simulasi dan sosialisasi ini pilkades e-voting di Sidoarjo bisa berjalan lancar. Panitia disiapkan untuk membantu masyarakat dalam proses pemilihan nantinya. (*/jee)

(sb/nis/rek/JPR)