Minim Lahan, Bikin Miniatur Taman Mini – Radar Surabaya

Padatnya perumahan di Kota Gresik tidak membuat mahasiswa Program Studi (Prodi) Agroteknologi UMG berhenti berkreasi. Salah satunya dengan membuat miniatur taman mini kreatif yang didesain untuk rumah dengan lahan terbatas.

“Karena di Gresik banyak perumahan yang minim ruang terbuka hijau, sehingga masyarakat sulit untuk menanam dan memanfaatkan lahan untuk brcocok tanam,” jelas M. Dwi Firmansayh, salah satu Mahasiswa Semester 5 Agroteknologi Universitas Muhammadiyah Gresik.’

Firmansyah menjelaskan, salah satu konsep yang ia buat adalah konsep perbukitan. Konsep ini terinsipirasi dari bukit kapur. Kemudian, ia hias dengan lampu yang berwarna dan indah. “Ini ada tanaman lumut,tanaman hias dan dedauan yang bisa digunakan untuk penghiajuan,” jelas laki-laki asal Sembayat ini.

Dijelaskan, konsep taman mini yang ia usung bernama ‘taman mini agroiwisata’ tersebut bisa diterakpkan di rumah yang dekat dengan daerah perbukitan,. Untuk di lingkungan kotapun bisa diaplikasikan. Selain tak memakan banyak tempat, taman mini bisa disesuaikan dengan tanaman yang ada dan sesuai lingkungan.

“Yang susah itu kan tata letak lokasinya, penataan bunga dan aksesorisnya, agar taman bagus dan hijau. Tidak sekadar pot yang diletakan di sudut-sudut rumah. Itu sudah membosankan untuk konsep urban farming,” papar dia.

Sementara itu, Kepala Program Studi Agroteknologi Rohmatin Agustina mengatakan, konsep taman mini dibuat oleh 11 kelompok mahasiswa. Menurutnya, dengan konsep miniatur tamna mini, bisa diaplikasikan masyarakjat ke dalam lingkungan rumahnyua. “Khususnya untuk lingkungan rumah yang terbatas lahan atau perumahan dengan tipe kecil, bisa mengaplikasikan taman ini,” papar dia.

Ada yang memanfaatkan rumah kayu untuk mempercantik taman, ada yang menggunakan jembatan mini, tempat duduk di atas air hingga konsep taman berususun yang kreatif. Menurut Rohmatin, upay aurban farming tidak hanya sekadar penghijauan, namun juga bisa dijadikan untuk keperluan ebisnis dan kreatifitas. “Sehingga semangat untuk melakukan upaya urban farming,” imbuh dia. (est/rof)

(sb/est/ris/JPR)