Minim Pustakawan – Radar Bromo

Padahal Kota Pasuruan kini memiliki fasilitas baru. Yakni gedung perpustakaan dan arsip yang ada di Kelurahan Sekargadung, Kecamatan Purworejo.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Pasuran, Evawati mengatakan jumlah pustakawan di Kota Pasuruan hanya 5 orang. Rinciannya, 4 orang berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS) sementara sisanya adalah tenaga kontrak.

Ia menyebut pustakawan yang ada saat ini masih belum ideal. sebab, jumlah pustakawan di suatu daerah baru dikatakan ideal jika rasionya dengan jumlah penduduk adalah 1:5000. Di sisi lain, jumlah penduduk Kota Pasuruan mencapai 215.000. Karena itu, idealnya memiliki 14 pustakawan.

“Kalau menurut peraturan, seharusnya pustakawan itu 1 berbanding 5000 dengan jumlah penduduk. Sehingga, di Kota Pasuruan seharusnya ada 14 orang,” katanya.

Karena itu, Eva-sapaan akrabnya menyampaikan pihaknya tidak memiliki pilihan lain, kecuali memaksimalkan tenaga yang tersedia. Selain itu, Pemkot masih menunggu adanya pengadaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini.

“Memang jumlahnya tidak ideal, tapi mau bagaimana lagi. Selama tidak ada pengadaan pegawai baru dari pusat, ya terpaksa memaksimalkan tenaga yang ada,” jelas Eva.

Source link