BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang menggelar lomba unik untuk menyambut peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia. Yaitu lomba kebersihan mobil dinas (mobdin). Dari hasil penjurian, ditemukan, mobdin milik anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Batang banyak yang rusak.

Kasubid Pemanfaatan dan Pemindahan Barang Milik Daerah Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Batang Subiyanto mengungkapkan, peserta lomba adalah mobdin yang digunakan kepala dinas atau kepala organisasi perangkat daerah setara kepala dinas.

“Jadi setelah dicek kelengkapannya dan kebersihannya, baru diketahui mobil yang paling lengkap dan bersih yang berhak menjadi juara,” ucap Subiyanto, Senin (14/8/2017).

Beberapa hal yang diperiksa antara lain mulai dari kotak PPPK, dongkrak dan peralatan standar lain. Juga diperiksa fungsi kendaraan mulai lampu riting, lampu sen, lampu rem dan fungsi lain. Yang utama juga diperiksa kebersihan dan kerapian mobil tersebut.

“Tadi kami temukan bahwa mobil dinas yang dipakai oleh anggota DPRD memang lebih rusak,” ungkapnya.

Namun dijelaskan, kerusakan tersebut diakibatkan karena intensitas pemakaiannya lebih banyak untuk mobilitas ke desa–desa dalam rangka menjaring aspirasi. Bahkan terkadang juga dipinjam masyarakat untuk berbagai aktifitas. Sehingga wajar kalau tingkat kerusakannya lebih tinggi.

Wakil Bupati Batang Suyono juga turut memeriksa mobil dinas di halaman PemdaWabup memeriksa detail seluruh bagian dalam mobdin salah satu kepala dinas. Dari ruang kemudi hingga bagian bagasi belakang, tak luput dari pemeriksaannya.

“Semua mobdin suratnya harus lengkap, karena memang dari pajak hingga perawatan semua sudah ada anggarannya. Patut dicurigai ketika kendaraan dinas ditemukan tidak terawat, apalagi sampai terlambat bayar pajak atau sampai mati pajak itu sangat terlalu dan kita akan tegur kepala dinasnya atau pemegang kendaraanya,” tegas Wabup.

(sm/naf/ton/JPR)