Mudik Tetap Dapat Layanan BPJS Kesehatan – Radar Kudus

Kurun waktu yakni 7 hingga 23 Juni. Jaminan layanan ini tetap dengan prosedur yang sudah disepakati dengan fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

”Untuk peserta JKN-KIS yang menjalani mudik, bila membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota dapat memperoleh pelayanan kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut,” Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pati Surmiyati saat konferensi pers di Rembang bertema Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan.

Ini sesuai dengan peraturan perundangan. Peserta yang berada di luar kota dan tak menetap dalam waktu lama, dapat mengakses pelayanan kesehatan. ”Hal tersebut juga sudah menjadi bagian dari perjanjian kerjasama antara BPJS Kesehatan dan faskes, dan faskes tidak diperkenankan menarik biaya tambahan,” imbuh dia.

Surmiyati menambahkan, kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libur lebaran juga berlaku bagi FKTP nonpuskesmas (Klinik Pratama dan Dokter Praktek Perorangan) yang membuka praktik pelayanan kesehatan. Bila tak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran, maka peserta dapat dilayani di IGD Rumah Sakit.

”Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur, maka akan dilayani, fasilitas kesehatan tak menarik iur biaya dari peserta,” imbau Surmiyati.

Oleh karenanya, para peserta JKN-KIS diimbau untuk selalu membawa Kartu JKN-KIS. ”Kartu peserta JKN-KIS harus aktif. Karena itu, mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran. Untuk mengecek iuran peserta, dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN,” jelasnya.

BPJS Kesehatan juga telah meluncurkan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat di-download secara gratis di play store untuk perangkat Android atau App Store untuk perangkat Iphone. Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

(ks/him/top/JPR)