Musim Ini Deltras Tetap di Liga 3 – Radar Surabaya

Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang digelar Sabtu (13/1) lalu menetapkan strata kompetisi Liga Indonesia tetap tiga kasta. Liga 1 dan Liga 2 untuk profesional dan Liga 3 untuk amatir. Khusus Liga 3, ada dua fase. Yakni provinsi dan nasional.
Setelah langkahnya terhenti di babak 16 besar pada kompetisi Liga 3 musim 2017, Deltras gagal meraih tiket promosi ke Liga 2. Artinya, tahun ini tim yang dijuluki The Lobster tersebut tetap berada di Liga 3.
Pada musim 2018 ini ada 64 tim yang menjadi peserta Liga 3. Sebanyak 40 tim merupakan degradasi dari Liga 2. Sedangkan sisanya, 24 tim, diambil dari kompetisi Liga 3 di masing-masing asosiasi provinsi (asprov).
Dengan begitu, Deltras kembali harus bekerja keras untuk bisa merebut tiket masuk ke fase nasional. Setelah tahun lalu berhasil menjadi juara ketiga Jatim, tahun ini prestasi tersebut harus bisa dipertahankan. “Bahkan, harus bisa ditingkatkan,” ujar Manajer Deltras Ichwan Rianto, Minggu (14/1).
Dia melanjutkan, setelah hasil kongres PSSI keluar, pihaknya segera melakukan persiapan. Mulai dari seleksi pemain, teknik, hingga formasi. Ditanya mengenai adanya pergantian pemain, Ichwan irit bicara.
Menurut dia, hal itu nantinya akan didiskusikan dengan tim pelatih. Sesuai dengan hasil evaluasi tahun lalu, jika memang diperlukan maka pergantian pemain akan dilakukan. Pemain yang bagus akan dipertahankan. “Kekuatan tim harus bertambah demi prestasi yang lebih baik,” katanya.
Hasil kongres luar biasa PSSI ini sekaligus mengakomodasi tuntutan klub-klub di Jatim dan beberapa asprov lain yang menolak penambahan kasta baru, yakni Liga 4. Sebab, penambahan kasta bakal menambah panjang perjalanan klub-klub untuk promosi ke kasta tertinggi, yakni Liga 1. (nis/rek)