NU-santara Mart Tingkatkan Ekonomi Umat – Radar Semarang

Lebih lanjut dikatakan, sejarah berdirinya toko ini, atas amanah dari anggota Koperasi Aswaja yang berjumlah 108 orang. “Anggota Koperasi Aswaja iuran dengan sistem 1 lembar saham Rp 1 juta dan terkumpul Rp 228 juta. Tujuannya murni untuk meningkatkan perekonomian anggota koperasi dan masyarakat Bawang,” terangnya.

Dia menambahkan bahwa toko NU-santara menempati sebuah bangunan seluas 9 x 12 m2 di atas tanah seluas 9 x 15 m2. Peninggalan para pedagang tembakau di wilayah Bawang, antara lain KH Abdulloh, KH Mustofa, KH Malik, KH Masykur, Kiai Ridwan dan para pedagang tembakau lainnya. “Selain menjual kebutuhan pokok, kami juga menerima pembayaran online PPOB dan 6 bulan ke depan mampu memproduksi air mineral sendiri,” tambahnya.

Bahkan, katanya, sebelum toko ini berdiri, pihaknya juga sudah mendirikan sekolah terlebih dahulu yaitu SMK NU Bawang yang mendapat kepercayaan besar masyarakat.

Pemerintah daerah setempat menyambut baik pendirian toko ini. Diharapkan mampu memunculkan ekonomi kreatif baru guna meningkatkan pendapatan masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Batang Wihaji saat meresmikan NU- santara Mart. Ia berpesan agar masyarakat sekitar berbelanja kebutuhan sehari-hari di toko tersebut.

Keberadaan NU-santara Mart ini sangat membantu penyediaan kebutuhan bagi masyarakat. Tak hanya itu juga bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya. Secara tidak langsung dengan adanya toko ini akan membangkitkan ekonomi kemasyarakatan serta mampu menghidupkan UMKM baru bagi warga Bawang khususnya. “Harapannya ekonomi kreatif dapat ditampilkan di sini dikemas secara rapi sehingga mampu meningkatkan harga jual,” ujarnya.

Bupati juga mengatakan, pasar modern tumbuh dengan cepat, kita harus mampu bersaing jangan sampai tertinggal oleh perkembangan zaman. Perlu adanya kreativitas dan inovasi untuk memajukan toko ini dengan menambahkan sistem pembayaran online atau antarbarang ke rumah. “Saya harap NU-santara Mart dikelola secara profesional untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat supaya berbelanja di sini,” tandas Wihaji.

(sm/naf/ida/JPR)