Operasional Museum Cheng Ho di Pandaan Masih Tunggu Koleksi Lengkap – Radar Bromo

PANDAAN – Meski sudah tuntas dibangun sejak 2016 lalu, Museum Cheng Ho Pandaan hingga libur Lebaran ini dipastikan belum dibuka untuk umum. Sebab, sejauh ini barang koleksi di museum setempat masih sangat terbatas.

“Operasionalnya memang masih belum, tapi kami menargetkan maksimal tetap di tahun sekarang. Kini masih terus kami proses,” ungkap Kabid Seni dan Budaya pada Disbudpar Kabupaten Pasuruan Nurul Hudayati.

Sejauh ini, koleksi benda antik di museum Cheng Ho itu baru mencapai puluhan. Yakni, berupa keramik, uang kuno, patung, aneka gerabah. Selanjutnya, keris, pedang, dan sejumlah barang antik lain yang didapat dari kolektor luar daerah.

Untuk mengisi kekurangan koleksi benda antik itu, pemkab melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat telah menyurati Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Pemprov Jatim di Mojokerto. Tujuannya, mengajukan proses pinjam pakai benda antik untuk koleksi museum.

“Museum ini akan dioperasikan untuk umum, apabila barang koleksinya dirasa sudah lengkap serta banyak. Karena masih sedikit, jadinya belum atau menunggu,” jelas Nurul.

Terkait barang koleksi yang sudah datang, kini berada di museum. Disbudpar sendiri kini juga telah menyiapkan MoU (memorandum of understanding). Rencananya MoU itu bakal ditandatangani oleh pengelola dan kolektor. “Rencananya, MoU itu juga bakal digunakan dengan BPCB,” imbuhnya.

“Kami berharap tak ada masalah di kemudian hari. Misalnya kolektor mengambil barang-barangnya di tengah jalan. Lantaran itu, cara efektifnya dengan MoU,” jelasnya.

Source link