Sosialisasi tersebut dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat nelayan mengenai aturan-aturan dalam menjalankan pekerjaannya sehari-hari yaitu mencari ikan di laut. Hal ini berkaitan dengan program jemput bola P3DKP Provinsi Jawa Tengah dalam pelayanan penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) kapal perikanan.

Kepala P3DKP Karimunjawa Provinsi Jawa Tengah Chammad Mudzakir mengungkapkan, pelayanan penerbitan SPB kapal perikanan selama ini melalui Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Jepara. Berdasarkan Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 105 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata kerja UPT DKP Provinsi Jawa Tengah,  pelayanan penerbitan SPB kapal perikanan saat ini harus melalui P3DKP di wilayah masing-masing. Dalam hal ini, nelayan Jepara melalui P3DKP Karimunjawa.

“Kegiatan jemput bola akan kami mulai hari ini. Nelayan yang berlayar dapat melakukan pengurusan SPB di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ujungbatu. Sebelum penerbitan, dipastikan dokumen Surat Laik Operasi (SLO) lengkap. Ada petugas yang siap melayani nelayan selama proses penerbitan surat,” paparnya.

Chammad menambahkan, sebelum pelaksanaan jemput bola, pihaknya telah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Pimpinan III angkatan 34. Diklat tersebut diselenggarakan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah. ”Hasil diklat tersebut kami sampaikan kepada masyarakat. Masih banyak masyarakat nelayan yang kurang memahami aturan-aturan tentang pelayaran. Khususnya, tentang pengurusan dokumen kapal di atas 10 GT,” paparnya.

Pihaknya berharap dengan sosialisasi ini mereka lebih memahami apa yang menjadi kewajiban mereka selama berlayar di laut. Serta, untuk meningkatkan ketertiban administrasi. Informasi yang diberikan kepada masyarakat nelayan tidak lain untuk mengingatkan betapa pentingnya melengkapi dokumen pelayaran.

“Narasumber yang kami ambil adalah dari Stasiun PSDKP Cilacap Satwil Pati dan Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Jepara Dirjen Hubla Kementerian Perhubungan,”tuturnya.

Hadir pula dalam sosialisasi tersebut, Kasat Polairut Jepara AKP Hendrik Iriawan dan Komandan Pos Angkatan Laut Pelda Sba Sukismo. (war)

(ks/zen/top/JPR)