Pabrik Tekstil di Beji Terbakar, Karyawannya Panilk – Radar Bromo

membumbung: Sebuah mobil pemadam masuk ke area pabrik tektil yang ada di Desa Cangkringmalang, Jumat (8/6) siang.
(Iwan Andrik/Jawa Pos Radar Bromo)

BEJI – Sebuah pabrik tekstil di Desa Cangkringmalang, Kecamatan Beji, terbakar, Jumat (8/6) siang. Kebakaran itu terjadi, diduga imbas korsleting listrik di salah satu ruang produksi.

Informasi yang diperoleh Jawa Pos Radar Bromo, kebakaran itu berlangsung saat para pekerja tengah beristirahat. Sebagian dari mereka tengah menjalankan salat dhuhur di musala setempat. 

Saat tengah istirahat itulah, ledakan dari salah satu gedung produksi kain itu meledak. Ledakan tak hanya berlangsung sekali. Tetapi sebanyak tiga kali, hingga memicu kepanikan. 

Para pekerja yang berada di area pabrik setempat langsung berhamburan. Mereka memilih keluar dari area pabrik.

“Kami dengar ledakan. Setelah itu, ada api dan asap mengepul. Kami benar-benar panik,” aku Ina, salah satu karyawan pabrik setempat.

Menurut Ina, pihaknya memang sempat mencium bau sangit di dalam pabrik. Pihaknya tak mengetahui pasti penyebab kebakaran terjadi. Namun, dimungkinkan dari AC di dalam pabrik yang konslet hingga percikan api itu mengenai mesin blower.

“Kami tidak tahu mas penyebabnya. Tapi, kemungkinan konslet di AC,” ujar Ina.

Ina menambahkan, kebakaran itu berlangsung sekitar pukul 12.00. Ketika itu, para pekerja sedang istirahat.

Begitu mendengar ledakan yang diduga dari mesin bowler dan api yang menyala, karyawan pun berhamburan. Sejumlah pemadam kebakaran mendatangi lokasi untuk menjinakkan api. Lima unit pemadam dikerahkan untuk menjinakkan api tersebut.

Kapolsek Beji, Kompol Wagiran belum memastikan penyebab kebakaran di PT Ramagloria Sakti Textile Industri tersebut. Namun dugaan kuat kebakaran tersebut lantaran konsleting listrik. 

“Masih dalam penyelidikan. Kami belum tahu penyebab pastinya,” urainya.

Tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut. Kerugian material pun masih dalam penghitungan. 

(br/fun/one/fun/JPR)

Source link