Panwascam Imbau Warga Ikut Lakukan Pengawasan – Radar Banyuwangi

JawaPos.com – Panwascam Blimbingsari menggelar rapat koordinasi. Panwascam meminta Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) lebih meningkatkan pengawasan dan mengajak masyarakat ikut serta melakukan Pengawasan Partisipatif.

“Data pemilih merupakan hal yang paling krusial dalam proses pemilihan. Data pemilih sering menjadi persoalan ketika terjadi sengketa. Sehingga kami mengimbau masyarakat pro aktif dalam pengawasan,” kata salah satu Komisioner Panwascam Blimbingsari Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Dian Purnawan.

Pada tahapan pemutakhiran data khususnya pencocokan dan penelitian (Coklit) tanggal 20 Januari – 18 Februari 2018, PPL diharapkan mampu melakukan pengawasan yang lebih aktif agar hak masyarakat dapat dilayani.

PPL juga diharapkan mampu mengajak partisipasi masyarakat ikut serta mengawasi seluruh tahapan agar dapat dilakukan sesuai aturan.

“Setidaknya masyarakat bisa tau bahwa rumahnya akan didatangi petugas PPDP, masyarakat mengerti bahwa mereka harus didata, masyarakat paham jika namanya harus masuk dalam daftar pemilih,” beber Dian.

Menurutnya, jika terdapat dugaan pelanggaran atau mengadukan permasalahan terkait data pemilih atau yg berhubungan dengan tahapan pemilu, setiap warga bisa datang ke Posko Pengaduan di setiap desa.

“Kami telah menyediakan di setiap desa se Kecamatan Blimbingsari, banner juga terpasang baik di kantor desa maupun di depan rumah PPL, no HP, email PPL, dan Panwascam juga terpampang jelas. Masyarakat bisa menghubungi 24 jam,” tegas Dian.

Sementara itu, selain sebagai forum evaluasi, rakor tersebut juga agar mengetahui data pemilih yang belum dilakukan pencoklitan oleh PPD. Termasuk data pemilih disabilitas yang mendapat perhatian lebih oleh penyelenggara.

“Kami memastikan semua masyarakat yang memiliki hak memilih terdaftar dalam data pemilih. Data tersebut nantinya dikirim oleh PPL sebagai laporan ke Panwascam dan diteruskan ke Bawasprov melalui Panwaskab Banyuwangi,” pungkas Dian Purnama.

Source link