Pariwisata Terancam Ambruk, Tirtawan Minta Acara Pusat Dibawa ke Bali – Bali Express

Anggota Komisi I DPRD Bali Nyoman Tirtawan mengatakan, dirinya sudah melihat fakta bahwa kondisi Pariwisata Bali dalam ancaman serius. Bahkan dia mengatakan sangat serius. “Dengan erupsi ini kondisi pariwisata Bali terancam serius, bahkan sangat serius. Apa yang harus dilakukan secara cepat, untuk menyelamatka Bali secara utuh,” jelas politisi asal Bebetin, Buleleng ini kemarin.

Dia mengatakan, menyelamatkan Bali secara utuh adalah melakukan gerakan serius untuk mengamankan warga yang terancam erupsi. Artinya menyiapkan logistik secara penuh, pengungsian yang layak dan pendataan yang akurat untuk bisa memberikan penanggulangan yang prima.

“Jadi mesti ada langkah serius. Benar – benar serius, mengamankan warga dari daerah terdampak erupsi,” kata “vokalis” DPRD Bali ini kemarin.

Dia mengatakan, setelah langkah aman bisa dipastikan untuk daerah terdampak erupsi dan letusan Gunung Agung, adalah mengamankan Bali secara utuh, karena dampak dari letusan ini sangat serius mengancam sumber kehidupan Bali secara utuh, yaitu Pariwisata. Pariwisata Bali memutar ekonomi Bali, bahkan imbasnya adalah Bali dan sekitarnya. Jadi bahan kerajinan datang dari luar Bali misalnya, seperti baju dan lainnya, pasti akan kena imbas jika Pariwisata Bali redup.

Misalnya wisatawan ke Lombok, Labuan Bajo, sampai Raja Ampat yang masuk lewat Bali juga akan berimbas.

“Jadi bagi kami, jangan ada istilah lebih mementingkan pariwisata ketimbang manusia di pengungsian. Ndak penanganan pengungsian jelas utama, masalah kemanusiaan. Namun pariwisata Bali juga menyangkut kemanusiaan, jutaan manusia tergantung dengan pariwisata. Sehingga secara simultan mesti ditangani secara serius,” kata Tirtawan.

Dia mengatakan, jika memang nanti pariwisata sampai ambruk, jelas akan ada PHK ada pekerja yang dirumahkan. Ini akan menjadi dampak serius, bahkan Gunung Agung meletus dampaknya bisa lebih hebat dari Bom Bali. “Ini situasi yang serius, bersama. Jadi semua pihak mesti bersama untuk mengambil langkah – langkah yang serius, untuk mampu Bali bertahan dalam situasi buruk,” kata politisi Nasdem ini.

Ketua Fraksi Panca Bayu ini mengatakan, situasi pariwisata Bali saat ini mengkawatirkan. Politisi yang beristrikan orang Jerman, ini sudah turun melakukan penelusuran dengan banyak warga asing yang masih di Bali. Ternyata ketakutan mereka adalah, menyangkut dengan keselamatan nyawa dan ancaman kesehatan. Ini terjadi karena berita di luar negeri jauh lebih heboh dengan yang di Bali.

“Pertama adalah volcanic ash, dampak yang berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan jiwa. Jadi situasinya dianggap membahayakan seluruh Bali, ini membuat mereka pulang, tidak ada yang datang ke Bali dan lainnya,” jelasnya.

Kemudian yang kedua adalah, ada rasa takut tidak bisa pulang ketika Bandara ditutup. Ini akan merugikan materi dan waktu mereka. Situasi ini sudah sangat massif tersebar di luar negeri.

“Ini yang saya dapat beberapa hari turun dan diskusi dengan wisatawan yang masih di Bali. Ini fakta, dan sulit lagi untuk diyakinkan agar mereka mau ke Bali,” kata Tirtawan.

Bagi dia ini kondisi yang sangat mengancam pariwisata Bali, kondisi sebuah ancaman bagi Bali, bagi kelangsungan “priuk nasi” Bali bernama pariwisata. Sehingga mesti ada langkah paling tidak untuk menghindarkan sampai ada PHK. Tirtawan akan mengusulkan ke internal DPRD Bali, kemudian agar ada sikap resmi ke Presiden Jokowi. Intinya akan menyampaikan agar ada keputusan dari Presiden untuk mengarahkan acara – acara rapat dan lainnya diarahkan ke Bali. “Semua acara pusat, diarahkan ke Bali. Pertemuan – pertemuan dan lainnya, karena untuk meyakinkan asing akan sulit, walaupun penerbangan nanti bisa buka, jadi peluangnya adalah aktivitas pemerintah diarahkan ke Bali,” sambunnya.

Dia mengatakan, namun pelaku Pariwisata dan akomodasi pariwisata mesti mau menurunkan harga. “Bila perlu turun harga setengahnya, intinya mampu bertahan dulu dan tidak tejadi PHK. Kami segera akan usulkan dan bisa ada langkah untuk bersurat ke Presiden,” pungkasnya. 

(bx/art/gus /yes/JPR)

Source link