Paslon Harus Sehat secara Fisik, Psikis, dan Bebas Narkoba – Radar Madura

Ketua KPU Sampang Syamsul Muarif mengatakan, jadwal tes kesehatan itu sesuai dengan kesepakatan antara pihak rumah sakit dengan KPU. Karena itu, tiga paslon akan melakukan tes kesehatan hari ini secara bersamaan.

”Berarti besok (hari ini, Red) dimulai pemerikaan tes kesehatan,” kata Syamsul Kamis (11/1).

Menurut Syamsul, ketentuan tes kesehatan sudah diinformasikan kepada masing-masing parpol pengusung terkait pemeriksaannya. Selain itu, tim dokter yang akan menentukan calon dinyatakan lolos atau tidak.

”Jadi nanti ada beberapa item yang perlu diperiksa. Pertama adalah fisiknya, kedua adalah psikologinya. Ketiga, bebas narkoba,” jelasnya.

Kesimpulannya, kata Syamsusl, memenuhi syarat dalam artian mampu melaksanakan tugas selama lima tahun ke depan. Kalau yang tidak memenuhi syarat, ya tidak mampu melaksanakan tugas sebagai kepala daerah. ”Perhitungan dokter seperti itu,” imbuhnya.

Karena itu, parpol dan gabungan parpol harus mempertimbangkan apakah calon yang diusung memang betul-betul siap dan dianggap memenuhi semua syarat yang ditentukan. ”Ya memang harus dipersiapkan. Aspek-aspek itu harus dipertimbangkan dengan matang,”  terangnya.

Setelah tes kesehatan, KPU akan mengumumkan kepada paslon dan partai pengusung mengenai hasil tes kesehatan yang dilakukan tim dokter di RSAL dr Ramelan, Surabaya. ”Informasi itu akan disampaikan pada 16 Januari mendatang. Yang menentukan lolos tidaknya, tim dokter,” pungkasnya.

(mr/ghi/onk/bas/JPR)