Pawai budaya di Gelam sangat meriah – Radar Surabaya

Sesuai dengan tema, peserta pawai menggunakan kostum beragam. Mulai pakaian adat, sekolah, profesi, pemuka agama, kostum daur ulang, hingga busana ala Nyi Roro Kidul. Ada juga sepasang kakek-nenek yang diarak menggunakan becak. Tak ketinggalan peserta mengenakan kostum layaknya Setya Novanto yang ditangkap KPK. 

Kades Gelam Muhammad Muslich mengaku sangat bangga melihat antusiasme warganya yang ikut memeriahkan pawai budaya tersebut. “Tujuan kita, selain memperingati Hari Pahlawan, juga menjaga kesatuan NKRI. Intinya, NKRI harga mati!” tegas kades yang selalu berpenampilan unik itu.

Muslich mengatakan, kegiatan ini diikuti lebih dari 8.000 warga dari 29 RT dan lima RW di Desa Gelam. “Kegiatan ini menggunakan dana swadaya dari desa sekitar Rp 75 juta. Sedangkan total dana dihabiskan sekitar Rp 300 juta. Warga sendiri yang menggalang dananya,” katanya.

Sugeng Purnomo, warga RT 07 RW 05, Perum Graha Candi Mas, sangat senang dengan kegiatan pawai budaya ini karena bisa merangsang warga agar lebih guyub dan kreatif. Ada warga memodifikasi mobil dengan motif kupu-kupu yang bisa bergerak. “Dibutuhkan dana sekitar 1,5 juta,” ujarnya. Usai pawai, warga dihibur dengan musik dangdut. (mus/rek)

(sb/rek/rek/JPR)