Pembangunan Sport Center Dikritik Komisi D – Radar Kudus

Wakil Ketua Komisi D DPRD Kudus Agus Imakudin mengatakan, anggaran yang dikucurkan untuk pembangunan sport center menggunakan sistem multiyears. Lalu, untuk pembangunan gedung harus selesai sesuai tahun anggarannya. Sehingga bisa segera dimanfaatkan masyarakat.

Namun, nyatanya sejumlah fasilitas seperti lapangan tenis indoor dan wall climbing belum selesai, sehingga belum bisa dimanfaatkan. Karena perencanaannya tidak terukur dan terarah. ”Seharusnya selesai per 31 Desember 2017 lalu. Kalau kondisinya masih seperti ini, terkesan (pelaksana, Red) tidak profesional dan bisa terancam di-blacklist. Harusnya pembangunan diselesaikan satu per satu. Karena perencanaannya kurang matang dan terkesan tidak terukur dan terarah, seperti ini jadinya,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus Joko Susilo melalui Kabid Olahraga Harjuno Wibowo mengatakan, sejumlah venue di sport center sudah selesai. Tapi progresnya belum mencapai 100 persen hingga saat ini. ”Semua sudah selesai, tapi memang progresnya belum 100 persen. Tahun ini kami lanjutkan kembali,” terangnya.

Dia melanjutkan, alasan belum selesainya sejumlah venue atau bangunan di Sport Center Kudus, seperti lapangan tenis indoor dan wall climbing, karena anggaran yang dikucurkan juga tidak 100 persen, sehingga proses pembangunannya juga terkendala.

Kemudian, gambar bangunan juga selalu terjadi perubahan. Seperti pembangunan kamar mandi umum, yang berjumlah 16 kamar. Rencananya untuk laki-laki 8 dan perempuan 8, sekarang dikurangi dua kamar khusus untuk difabel.

”Lapangan tenis indoor juga ada perubahan. Untuk merubah itu kesepakatan dari kami dan pelaksana proyek. Karena tidak melalui dewan, untuk mengubah spesifikasi teknis pekerjaan sesuai kebutuhan lapangan atau contract cange order (CCO),” paparnya.

Menanggapi kritikan dari Komisi D, pihaknya menerima kritikan tersebut. Ke depan, proses pembangunan sport center akan lebih baik lagi. ”Kami siap dikritik, besok akan kami tingkatkan lagi. Kami juga sudah bekerja semaksimal mungkin,” tegasnya.

(ks/ruq/lil/top/JPR)