Pembangunannya Bertahap, MAN IC Bisa Selesai di Tahun Ini – Radar Bromo

PANJANG: Gedung kelas MAN IC di Kedawung Wetan di Grati. Pembangunan madrasah internasional ini memakai multiyears.
(Mokhamad Zubaidillah/Radar Bromo)

GRATI – Kepastian pendanaan lanjutan dari pembangunan MA Negeri Insan Cendekia (MAN IC) di Desa Kedawung Wetan, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, dipastikan dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan pun menargetkan, tahun 2020 adalah tahun anggaran terakhir untuk MAN IC.

Hal tersebut diungkapkan Muhammad As’adul Anam, kepala Kemenag Kabupaten Pasuruan. Anam mengatakan, mulai tahun depan, pembangunan MAN IC Pasuruan akan didanai SBSN oleh Kementerian Keuangan. Sehingga, dana yang diberikan dipastikan akan lebih besar.

Sebelumnya, sejak tahun 2017, pendanaan pembangunan MAN IC berasal dari Kemenag Pusat. Yaitu, sebesar Rp 3,5 miliar di tahun pertama dan Rp 4 miliar di tahun ini untuk pembangunan asrama putra.

Anam mengatakan, kebutuhan pembangunan MAN IC Pasuruan kurang lebih Rp 50 miliar. “Untuk tahun depan sudah kami ajukan sebesar Rp 32 miliar dari SBSN. Kami optimistis dana itu bisa turun tahun depan,” jelasnya.

Dengan dana cukup besar yang diajukan tahun depan, Kemenag Kabupaten Pasuruan optimistis anggaran bisa terpenuhi seluruhnya tahun 2020. Sehingga, tahun 2020 adalah tahun terakhir anggaran untuk MAN IC Pasuruan.

“Dengan usulan yang cukup besar tahun depan, kami optimistis tahun 2020 semua bisa terpenuhi dan selesai tahun 2020 itu juga,” ungkapnya.

Untuk tahun ini, anggaran Rp 4 miliar untuk pembangunan asrama putra. Sedangkan usulan tahun depan sebesar Rp 32 miliar diperuntukkan pembangunan asrama, ruang kelas, laboratorium, sport centre, dan perkantoran.

(br/eka/fun/fun/JPR)

Source link