Pemenang Pilkades Serentak, Pelantikan Kades Tunggu Teken Bupati – Radar Kudus

Pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2017 masuk dalam tahapan akhir. Pencoblosan sudah dilaksanakan pada 6 Desember 2017. Total ada delapan desa di tujuh kecamatan yang menggelar Pilkades.

Setelah resmi ditetapkan sebagai pemenang, masih ada tahapan yang harus dilalui para kades terpilih. Mereka akan mengikuti pelantikan yang juga digelar serentak untuk delapan kades terpilih.

Kasubbag Penataan Pemerintahan Desa, Bagian Tapem Setda Rembang Gunari menjelaskan pihaknya sudah mengajukan tanggal pelantikan kades terpilih ke bupati. Tanggal yang diajukan 21 Desember 2017.

Namun tanggal tersebut memang belum pasti. Karena pihaknya masih menunggu persetujuan dari Bupati Rembang Abdul Hafidz. “Sudah mengajukan tanggal ke Pak Bupati. Yang kami rencanakan tanggal 21 Desember pelantikan,” jelasnya.

Terkait persiapan pelantikan seperti seragam yang dikenakan ketika dilantik, semua disiapkan oleh kades masing-masing. Hal itu berbeda dengan tahun lalu yang sebagian besar seragam pelantikan, pembuatannya difasilitasi oleh Bagian Tapem.

Hanya beberapa kades saja yang menyiapkan baju pelantikan sendiri. Mayoritas kades terpilih yang statusnya petahana memang memakai baju pelantikan yang dahulu pernah dikenakan. ”Sudah mempersiapkan sendiri-sendiri,” imbuhnya.

(ks/lid/ali/top/JPR)