Pemkab Buleleng Usulkan Formasi CPNS ke Kemenpan-RB – Bali Express

Wakil Bupati Buleleng, dr. Nyoman Sutjidra, Sp.Og mengatakan itu, Senin (22/1) kemarin. Menurutnya, dari analisa beban kerja (ABK) dan analisa jabatan (Anjab), Buleleng hanya memiliki pegawai di bidang kesehatan sebanyak 465 orang. Sedangkan kebutuhannya mencapai 965 orang. Ptaktis, Buleleng masih kekurangan tenaga kesehatan hingga 500 orang.

Demi memenuhi kekurangan itu, pemkab mengusulkan formasi CPNS untuk tenaga kesehatan ke Kemenpan-RB. Usulan tersebut khusus untuk formasi pengangkatan dokter dan bidan yang sekarang tercatat sebagai PTT.

“Tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan memang diberikan prioritas untuk diangkat  dari pemerintah. Tapi khusus tenaga kesehatan pengangkatannya akan melalui jalur khusus. Seperti pengalaman tahun 2013 lalu juga begitu. Banyak Pegawai Tidak Tetap di bidang kesehatan diangkat menjadi CPNS” ujar Wabup Sutjidra.

Selain mengusulkan formasi tenaga kesehatan, pemkab sebut Wabup Sutjidra juga mengusulkan tambahan pegawai baru untuk bidang guru dan infrastruktur. Khusus untuk guru pemkab mengusulkan sebanyak 1.403 orang. Angka ini disulkan sesuai Anjab tambahan guru diperlukan lagi 2.995 orang. Sedangkan saat ini guru PNS yang aktif mengajar tercatat sebanyak 1.590 orang.

Di bidang infrastruktur kebutuhan akan pegawai mencapai 18 orang. Pegawai yang sudah ada sebanyak 8 orang, sehingga diusulkan tambahan pegawai baru lagi 10 orang untuk kualifikasi teknik sipil, pengairan dan elektro.

“Kalau usulan sudah disampaikan BKPSDM dan sekarang kami masih melengkapi dengan dokumen pendukungnya, sehingga tinggal menunggu persetujuan dari pusat. Harapan kami tambahan pegawai baru itu dipenuhi, sehingga krisis pegawai utamanya guru, kesehatan, dan tenaga teknis bisa kita tangani,” imbuhnya. 

(bx/dik/ima/yes/JPR)

Source link