Pemkab Pasuruan Butuh Tambahan 2.565 Pegawai – Radar Bromo

Kendalanya, sampai kini Pemkab pasuruan belum bisa melakukan rekrutmen lantaran masih aanya moratorium CPNS. Kendati belum ada kepastian pembukaan perekrutan ASN baru, sudah ada rencana positif dari pusat untuk segera dibuka.

Hal tersebut diungkapkan Mochamad Nasir, Kepala Badan Kepegawaian Dan Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Pasuruan. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), kata Mochamad Nasir, sudah memberikan sinyal bakal ada perekrutan ASN di daerah kembali. Namun kapan dilaksanakannya belum ada kepastikan.

“Dari pusat sudah ada rencana positif, tapi kapan bakal dibuka belum ada kepastian,” ujar Nasir.

Nasir-panggilan akrab Mochamad Nasir mengatakan, moratorium yang dilaksanakan sejak 2014 lalu memang membuat kekurangan ASN di lingkungan pemerintahan daerah makin bertambah. Di Kabupaten Pasuruan sendiri pertahunnya juga ada 300-400 ASN yang pensiun. Dari perhitungan BKPPD kebutuhan ASN sudah mencapai 2.565 ASN. 

Disinggung apakah tahun depan bakal ada perekrutan ASN ?  Nasir belum bisa banyak berkomentar. Ini lantaran pemkab terus menunggu informasi lebih lanjut dari pusat. Termasuk agar menekan tidak ada oknum-oknum yang memanfaatkan situasi. Sehingga masyarakat tetap harus waspada tidak tergiur janji-janji. Dan tetap memantau informasi resmi dari Pemkab terkait kepastikan penerimaan ASN.

Di tahun lalu, pemerintah pusat memang masih memfokuskan penerimaan ASN di tingkat Kementerian. Sedangkan di tingkat daerah seperti Kabupaten ataupun Kota, memang sudah ada rencana positif akan dibuka kembali. Terkait kepastian kapan dilaksanakan, BKPPD masih menunggu kepastian lebih lanjut. 

(br/fun/eka/fun/JPR)

Source link