Pemkot Adakan Event Wisata dan Sosialisasi agar Wisatawan Meningkat – Radar Surabaya

Ketua Komisi D DPRD Surabaya Agustin Poliana mengatakan, berbagai upaya harus dilakukan oleh Pemkot Surabaya melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) untuk meningkatkan jumlah wisatawan. Salah satunya dengan intens menggandeng travel agent dan hotel sebagai langkah awal promosi kepada pengunjung di Kota Surabaya. 

“Dengan kerja sama yang apik antara travel dan hotel maka destinasi di Surabaya akan banyak dikunjungi,” katanya, Selasa (19/12). 

Dia mengungkapkan, banyak event dan destinasi wisata yang bisa dikunjungi para wisatawan yang datang di Surabaya, di antaranya kegiatan Hari Pahlawan, wisata religi Ampel dan Taman Bungkul. “Wisata religi dapat menjadi jujukan bagi para wisatawan di Surabaya,” ujarnya. 

Selain itu, sebagai Kota Pahlawan, Surabaya banyak memiliki tempat sejarah yang bisa jadi destinasi yang menarik. Banyak museum yang baru diresmikan dan hal tersebut harus dioptimalkan sebagai tempat wisata sejarah yang tepat. 

Di sisi lain, wisatawan bisa mengunjungi panorama alam pantai Kenjeran, jembatan Surabaya dengan air mancur dan kesenian ludruk di Taman Hiburan Rakyat (THR). Sementara, untuk wisata kuliner, ada banyak makanan khas Surabaya, seperti rujak cingur, dan semanggi.

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, total anggaran belanja langsung dan tak langsung di Disbudpar mencapai Rp 47,3 miliar di tahun 2018. Belanja langsung ini adalah anggaran untuk kegiatan event promosi wisata. 

“Kami harap tidak sekedar seremonial saja tetapi bagaimana bisa menarik wisatawan lokal maupun asing,” tegasnya. 

Kepala Disbudpar Widodo Suryantoro mengatakan, ada rencana kegiatan yang akan dilakukan selama 2018, di antaranya event wisata seperti festival layang-layang, pagelaran seni dan festival musik islami, penyelenggaraan event di UPTD Tugu Pahlawan, Balai Pemuda dan THR, fetival kuliner, dan wisata religi di Ampel. Berbagai kegiatan tersebut merupakan bentuk untuk meningkatkan jumlah wisata di Surabaya. 

“Kami juga terus bersosialiasi dimanapun agar setiap event dibanjiri wisatawan,” ucapnya. (vga/nur) 

(sb/vga/jek/JPR)