Penanaman Bibit Pohon Serentak Tuntas – Radar Madura

Penanaman dilakukan pada pukul 09.00 sampai selesai. Lokasinya di sepanjang jalan raya Pangarengan. Dimulai dari Desa Ragung, Plasah hingga Desa Apaan. Ada sekitar tiga ribu bibit pohon yang ditanam kemarin.

Ketua PAC GP Ansor Pangarengan Bustomi mengutarakan, kegiatan itu didukung 150 relawan yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat. Meliputi Ansor, Fatayat, Banom NU, pelajar atau santri, organisasi pemuda, puskesmas, dan media.

”Alhamdulillah, semua pihak mendukung kegiatan ini. Artinya semua pihak cinta dan peduli lingkungan,” ucapnya.

Dia menyebut, jenis tanaman yang sudah ditanam yaitu pohon trembesi dan glodokan tiang. Sebab, kedua jenis pohon itu paling cocok jika ditanam di pinggir jalan. Selain itu, bisa menjadi penyeimbang dan peneduh lingkungan sekitar.

 ”Wilayah Pangarengan dekat dengan tambak garam. Ketika musim kemarau panasnya luar biasa. Jadi butuh penghijauan sebagai peneduh,” katanya. Dia berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kelestarian lingkungan.

Sementara itu, Ketua LPBI NU Sampang Mohammad Hasan Jailani mengatakan, pihaknya dan sejumlah lembaga lain punya visi dan misi yang sama untuk terus menjaga kelestarian lingkungan. Penanaman pohon menjadi program rutin lembaganya yang akan dilaksanakan setiap tahun.

”Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan mendukung kegiatan ini.  Semoga dengan banyaknya pohon yang kita tanam bisa menambah kesejukan udara di Sampang,” harapnya.

Kepala Jawa Pos Radar Madura (JPRM) Biro Sampang Hendriyanto menambahkan, penanaman pohon merupakan salah satu upaya untuk mencegah dan menanggulangi peristiwa bencana alam yang terjadi di Kota Bahari. Misalkan banjir, longsor, dan kekeringan.

”Penanggulangan bencana tidak hanya dengan pembangunan infrastruktur. Tetapi, harus bisa ditopang dengan penambahan lahan penghijauan sebagai resapan air,” katanya.

(mr/nal/onk/han/bas/JPR)