Pendataan Kuburan – Radar Bromo

PANGGUNGREJO – Rencana Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) melakukan penataan ulang pada sejumlah tempat pemakaman umum (TPU) di Kota Pasuruan terus berlanjut. Dalam pendataan ulang ini, Dinas Perkim menemukan ribuan makam tanpa identitas di pemakaman umum yang dikelola Pemkot Pasuruan.

Kepala UPT Kota Pasuruan, Wisnu Winarsa mengatakan, pihaknya telah melakukan pendataan ulang penghuni makam di 6 TPU akhir Desember lalu. Keenam TPU ini adalah Makam Cina (Bong), Makam Kristen Temenggungan, TPU Gadingrejo, TPU Bugulkidul, TPU Purutrejo I dan TPU Purutrejo II. Ia menjelaskan dalam pendataan ulang tersebut, banyak ditemukan makam tanpa identitas.

“Penataan ulang makam masih tetap berlanjut. Kami sudah melakukan pendataan jumlah penghuninya. Dalam pendataan ini, kami menemukan banyak makam yang tidak memiliki identitas,” jelasnya.

Wisnu mengungkapkan pendataan ini menggunakan database penghuni TPU pada 2008, buku bantu milik juru makam. Selain itu, dinas juga turun langsung ke lapangan yang disatukan dengan data kematian milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil).

Menurutnya, banyaknya makam tanpa identitas ini disebabkan 2 faktor. Yakni, nisan di makam memang tidak memiliki nama serta masyarakat belum memahami pengurusan akta kematian, sehingga kematiannya tidak tercatat.

Karena itu, pemkot akan segera melakukan koordinasi dengan Kelurahan untuk mengetahui ahli waris serta kembali melakukan survei ke lapangan sebelum dan sesudah Bulan Ramadan. Harapannya identitas makam dapat diketahui.

“Warga biasanya kan melakukan takziah saat bulan puasa. Tapi, jika memang tidak ada ahli warisnya, ya terpaksa kami ganti dengan penghuni baru. Kecuali ada pihak yang bertanggung jawab,” ungkap Wisnu.

Source link